Jakarta 'Juara Lagi', Ini 10 Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus Baru Positif Covid-19


Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:32:10 WIB
Jakarta 'Juara Lagi', Ini 10 Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus Baru Positif Covid-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data tambahan yang dirilis Satgas Percepatanan Penanganan Covid-19, penyumbang terbanyak kasus baru positif corona ditorehkan oleh DKI Jakarta dengan 376 kasus.

Sedangkan posisi “juara” kedua ditempati Jawa Timur (Jatim) dengan 310 kasus, disusul Jawa Tengah (Jateng) di Posisi ketiga dengan 191 kasus, dan Sulawesi Selatan di posisi keempat dengan 136 kasus.

Sementara posisi kelima ditempati Kalimantan Selatan usai mencatatkan 118 kasus baru Covid-19. Untuk lebih lengkapnya berikut 10 provinsi penyumbang terbanyak kasus baru positif corona di Indonesia.

1. DKI Jakarta 376 kasus
2. Jawa Timur 310 kasus
3. Jawa Tengah 191 kasus
4. Sulawesi Selatan 136 kasus
5. Kalimantan Selatan 118 kasus
6. Gorontalo 102 kasus
7. Jawa Barat 73 kasus
8. Kalimantan Tengah 67 kasus
9. Kalimantan Timur 62 kasus
10. Bali 56 kasus

Sebelumnya pakar Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair) Laura Navila Yamani mengatakan, dalam upaya menekankan penambahan kasus baru, alangkah baiknya pemerintah menyiapkan langkah atau aturan bagi masyarakat yang masih melanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Jadi memang pemerintah itu harus lebih tegas sekarang. Nah, harapannya memang sekarang kuncinya di masyarakat," ujar Laura saat dihubungi Okezone di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Dia berkata, aturan atau tindakan tegas yang dibuat pemerintah bisa saja berupa tatanan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19. Karena cara itu menurutnya masyarakat bisa mengikuti dengan baik.

Di sisi lain, edukasi dan sosilisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat umum tak boleh berhenti begitu saja. Hal ini diperlukan selama vaksin dan obat Covid-19 belum ditemukan.

"Memang tidak boleh bosan melakukan edukasi dan sosialisasi bagaimana bisa menerapkan protokol kesehatan secara patuh dan disiplin ya. Satu satunya jalan sebelum vaksin dan obat ditemukan ya. Paling tidak memakai masker, menjaga jarak," tuturnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]