Mahasiswa KKN Tematik di Sijunjung Produksi Permen untuk Ternak Ruminansia dari Daun Singkong


Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:04:36 WIB
Mahasiswa KKN Tematik di Sijunjung Produksi Permen untuk Ternak Ruminansia dari Daun Singkong Mahasiswa KKN.

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 14 Mahasiswa Peternakan Universitas Andalas, Padang, yang tergabung pada program KKN Tematik Unand 2020 memproduksi permen ternak ruminansia berbahan dasar daun singkong di Jorong Pondok Jago, Nagari Pematang Panjang, Kabupaten Sijunjung.

Daun singkong yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudian dimanfaatkan sebagai pakan suplemen berupa Urea Mineral Saka Block (UMSB ) atau dikenal sebagai permen ternak pada ruminansia.

Inisiatif dari mahasiswa Peternakan Unand tersebut muncul lantaran tingginya produksi daun singkong di daerah Pematang Panjang, selain untuk dikonsumsi manusia, daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai pasokan bagi pakan ternak.

Ketua Tim KKN Peternakan Unand, Ilham mengatakan bahwa sebenarnya pembuatan UMSB berbahan dasar urea. Hanya saja karena harganya terbilang mahal, maka dapat digunakan bahan alternatif seperti daun singkong. Mahasiswa tersebut kemudian mengedukasi masyarakat bahwa UMSB tetap bisa di produksi dengan menggunakan bahan alternatif yang mudah didapat oleh masyarakat.

“Setelah dilakukan pembekalan bersama DPL sebelumnya, kami mencobakannya langsung dan mensosialisasikannya kepada masyarakat,” ujar Ilham, Sabtu (25/7/2020).

Lanjut Ilham, tujuan pembuatan UMSB ini bukan sebagai pakan utama, melainkan pakan tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ternak. Biasanya UMSB dibuat dengan bentuk bulat supaya memiliki ketertarikan sendiri bagi ternak untuk memakannya.

Tidak hanya pembuatan suplemen makanan ternak dari daun singkong, tim KKN ini juga mensosialisasikan teknologi pengolahan pakan lainnya dan memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk.

“Kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat mulai dari teknologi pengolahan pakan sesuai dengan potensi yang ada di nagari sampai kepada produk olahan serta pengolahan kotoran ternaknya. Tentunya kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” tutup Ilham. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:08:39 WIB

    Skenario New Normal, Mahasiswa Dilarang Berkerumun di Lingkungan PNP

    Skenario New Normal, Mahasiswa Dilarang Berkerumun di Lingkungan PNP HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi penularan virus Corona atau Covid-19. Politeknik Negeri Padang (PNP) menerapkan sejumalah kebijakan dalam proses pembelajaran di lingkungan kampus pendidikan vokasi tersebut. Kali ini, a.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:14:14 WIB

    Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya

    Akhirnya Mahasiswa Terdampak Covid-19 Bisa Dapat KIP PTK, Simak Syaratnya HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama telah memperbarui regulasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). Program tersebut sekarang bisa diberikan kepada mahasiswa terdampak Covid-19..
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 22:41:41 WIB

    Duh, Menteri Nadiem Dilaporkan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa

    Duh, Menteri Nadiem Dilaporkan ke Komnas HAM oleh Mahasiswa HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ke Komnas HAM terkait pembayaran kuliah secara penuh di masa pandemi virus Corona (COVID.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:18:52 WIB

    Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Mahasiswa PNP

    Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Mahasiswa PNP HARIANHALUAN.COM - Di masa new normal, Politeknik Negeri Padang (PNP) memberikan kelonggaran sedikit kepada mahasiswa yang hendak melakukan kegiatan di kampus. Kendati demikian, kampus pendidikan vokasi ini meminta mahasiwa a.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:02:14 WIB

    Pandemi Covid-19, PNP Hanya Perbolehkan Mahasiswa ke Kampus untuk Praktek

    Pandemi Covid-19, PNP Hanya Perbolehkan Mahasiswa ke Kampus untuk Praktek HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) mengatur sejumlah ketentuan terkait penyelenggaraan pembelajaran selama darurat Covid-19. Keputusan ini tertuang dalam surat edaran nomor 7/PL9/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pem.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]