Kata Luhut, dari 500 TKA yang Masuk, 5.000 Tenaga Ahli Bisa Tercipta!


Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:07:09 WIB
Kata Luhut, dari 500 TKA yang Masuk, 5.000 Tenaga Ahli Bisa Tercipta! Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Kemenko Marves)

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut jika kita tidak perlu khawatir dengan keberadaan TKA.

Pasalnya, saat ini pemerintah sedang mendorong proyek hilirisasi demi meningkatkan nilai tambah. Namun untuk mengejarkan proyek ini masih dibutuhkan TKA. "Yang diserang orang tentang hilirisasi semua hanya bicara tenaga kerja asing," ungkap Luhut di YouTube Kemenko Marves, Sabtu, (25/07/2020).

Menyikapi potensi besar hilirisasi ini, Luhut meminta agar masyarakat tidak ribut-ribut soal tenaga kerja asing. Adanya tenaga kerja asing akan menjadi lompatan teknologi, sehingga harus belajar dari orang lain. Ia menyebut hadirnya 500 TKA bakal membuka 5.000 tenaga kerja baru. "Kita tak perlu ribut masalah keberadaan TKA, yang masuk 500 TKA, yang akan tercipta bisa sampai 5.000 tenga kerja ahli," sebutnya. 

Pernyataan Luhut ini terkait dengan kedatangan 500 TKA asal China di Indonesia. Tenaga kerja asal China tersebut disiapkan untuk mempercepat pembagunan smelter. Sebelumnya, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan 500 TKA asal China tersebut kemungkinan akan datang pada akhir Juni atau awal Juli 2020. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]