Mendes PDTT Kunjungi Rumah Batik HW Trans KTM Lunang Silaut


Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:17:26 WIB
Mendes PDTT Kunjungi Rumah Batik HW Trans KTM Lunang Silaut Menteri Desa PPDT RI, Abdul Halim Iskandar didampingi istri, Ny Lilik Umi Nasriah di dampingi Bupati Hendrajoni mengunjung Rumah Batik HW Trans KTM Lunang Silaut Pesisir Selatan. M Joni

HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Rumah Produksi Batik Printing Himpunan Wira Usaha Transmigrasi (HW Trans) Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (25/7).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Desa PDTT didampingi Bupati Hendrajoni disambut oleh pimpinan Rumah Produksi Batik Printing HW Trans Lunang Silaut, Dewi Hapsari Kurniasih, bersama suaminya, Sunardi.

Menteri Desa PPDT RI, Abdul Halim Iskandar didampingi istri, Ny Lilik Umi Nasriah juga membubuhkan tandatangan pada kain batik yang sedang dalam proses printing. "Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi pengrajin batik di rumah produksi ini," tutur Dewi.

Pimpinan Rumah Produksi Batik Printing HW Trans Lunang Silaut, Dewi menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan menteri bersama rombongan ke tempat usahanya tersebut. Kunjungan  menteri akan dapat menjadi motivasi dan semangat dan memiliki prosfek cerah terhadap kemajuan batik di daerah ini, terutama terhadap motif yang diunggulkan.

Dikatakannya, kunjungan Menteri tersebut akan menjadi penyemangat baginya dan anggota yang bergabung pada usaha rumah produksi batik yang berada di KTM Silaut ini. "Saat ini usaha kerajinan batik sudah dikenal dan sangat tinggi minat masyarakat untuk dijadikan sebagai motif pakaian," tutur Dewi.

Menurutnya, dalam produksi kerajinan batik tersebut yang menjadi unggulan di Rumah Produksi Batik Printing HW Trans Lunang Silaut ini yaitu, batik tanah liek, dan batik Mandeh Rubiah. "Sedangkan harga jual sangat tergantung  motif dan permintaan konsumen," katanya.

Bila konsumen memesan batik tulis, harganya akan lebih mahal sekitar  Rp500 ribu hingga Rp1 juta per meter. Beda bila pembuatannya dilakukan dengan cara di printing harganya akan lebih murah. Namun itu tergantung pula pada dasar kainya," jelas Dewi lagi. (*)

 

loading...
Reporter : M Joni /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:59:49 WIB

    Mendes PDTT: Dana Nagari Dorong Perekonomian Masyarakat

    Mendes PDTT: Dana Nagari Dorong Perekonomian Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar, melakukan peresmian pemanfaatan perahu nelayan di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupat.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:25:02 WIB

    Kenalkan Kerajinan Lokal, Mendes PDTT Apresiasi Batik Sampan Pariaman

    Kenalkan Kerajinan Lokal, Mendes PDTT Apresiasi Batik Sampan Pariaman HARIANHALUAN.COM - Mendes PDTT, mengapresiasi Batik Sampan Kota Pariaman hasil kerajinan masyarakat setempat. Motif batik yang khas dapat menjadikan produk ini mudah dikenal, namunĀ  keberadaanya tentu perlu pasar yang luas a.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 22:09:43 WIB

    Pendamping Desa Berdikari di Pariaman Dikukuhkan Mendes PDTT

    Pendamping Desa Berdikari di Pariaman Dikukuhkan Mendes PDTT HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 43 tenaga Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman dikukuhkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di aula balaikota Pariaman, Jumat.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 21:14:30 WIB

    Mendes PDTT Pastikan Dana Desa Berlanjut dan Ada Peningkatan

    Mendes PDTT Pastikan Dana Desa Berlanjut dan Ada Peningkatan HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memastikan dana desa tetap berlanjut. "Dana desa yang akan dikucurkan tidak ada pengurangan, justru sebaliknya .
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:20:55 WIB

    BLT Desa di Pariaman Tuntas, Kemendes Apresiasi Genius Umar

    BLT Desa di Pariaman Tuntas, Kemendes Apresiasi Genius Umar HARIANHALUAN.COM -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa tahap pertama untuk 4.600 kepala keluarga yang terdampak COVID-19 di Kota Pariaman, selesai disalurkan. Sekaitan dengan hal itu pemerintah setempat salah satu ya.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]