Hasil Pilkada 2020 Diprediksi Tak Maksimal, Adi Prayitano: Zona Merah Lebih Baik Diundur


Sabtu, 25 Juli 2020 - 21:20:11 WIB
Hasil Pilkada 2020 Diprediksi Tak Maksimal, Adi Prayitano: Zona Merah Lebih Baik Diundur Petugas KPPS memberikan tinta kepada pemilih saat simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di Kantor KPU, Jakarta, 22 Juli 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya pencegahan COVID-19 dalam Pilkada Serentak 2020 yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

HARIANHALUAN.COM - Hasil pilkada 2020 dinilai tidak akan maksimal. Hal ini disebabkan pengawasan masyarakat akan lemah karena masih fokus pada pandemi covid-19. Hal ini disampaikan Pengamat Politik asal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitano dalam diskusi di acara Polemik Trijaya FM, Sabtu, 25 Juli 2020.

Dikatakan Adi, akibat pandemi ini akan terjadi pemakluman dalam pilkada. "Sangat mungkin akan ada semacam apriori dari kepala daerah yang terpilih kalau nggak kerja maksimal. Bisa jadi mantan pecandu, mantan koruptor, karena Pilkada ini maklum di tengah krisis," kata Adi. 

Bisa jadi kata dia, masyarakat akan memaklumi seandainya ada pasangan calon yang menggunakan uang, logistik, dan sembako dalam berkampanye.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, kata dia, keadaan darurat masyarakat hanya berpikir sehat dan selamat. Juga, bisa membawa sembako dan oleh-oleh ke rumah.

Tak hanya itu, ia menilai hasil Pilkada ini tidak akan berkualitas karena sulitnya menyampaikan visi misi pasangan calon. Meskipun ada solusi kampanye virtual, kata dia, masyarakat tidak akan menghiraukannya. "Atas alasan kesehatan dan kualitas Pilkada. Saya mengusulkan agar Pilkada di daerah yang masuk kategori zona merah, lebih baik dimundurkan menjadi 2021. Kalau dipaksa di zona merah dalam kondisi perang (dengan virus) saya kira tidak mungkin maksimal," kata dia. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 04:54:32 WIB

    SK Menkumham Hasil Kongres PAN Sudah Terbit

    SK Menkumham Hasil Kongres PAN Sudah Terbit JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Loyalis Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 Zulkifli Hasan (Zulhas), Viva Yoga Mauladi, mengatakan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (SK Menkumham) tentang kepengurusan D.
  • Ahad, 26 Mei 2019 - 23:33:00 WIB

    Ekonomi dan Oligarki akan Pengaruhi  Kerja DPR-DPD Hasil Pileg  2019 

    Ekonomi dan Oligarki akan Pengaruhi  Kerja DPR-DPD Hasil Pileg  2019  HARIANHALUAN.COM- Hasil Pileg 2019 tidak akan memberikan perubahan besar, terutama untuk DPR dan DPD. Sebab, terpilihnya para anggota legislatif di pemilu kali ini dinilai masih dipengaruhi kekuatan ekonomi dan oligarki polit.
  • Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:04:58 WIB

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu

    MK Terima 333 Pendaftaran Gugatan Sengketa Hasil Pemilu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 333 pendaftar permohonan perkara perselisihan hasil Pemilu 2019 untuk DPR, DPRD, dan DPD RI. .
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:02:03 WIB

    Hasil Rekap Suara Ditetapkan, Ternyata Situng KPU  Belum 100 Persen

    Hasil Rekap Suara Ditetapkan, Ternyata Situng KPU  Belum 100 Persen HARIANHALUAN.COM- Ternyata  ketika menentapkan  hasil rekapitulasi suara tingkat nasional dini hari Selasa,   Komisi Pemilihan Umum  belum menyelesaikan input data perolehan suara ke Sistem Informasi Perhitungan Suara (S.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00:20 WIB

    BPN Tolak, Demokrat Terima Hasil Pleno KPU

    BPN Tolak, Demokrat Terima Hasil Pleno KPU HARIANHALUAN.COM – Partai Demokrat yang masuk gerbong Prabowo-Sandi, menandatangani hasil rekapitulasi. "Pemilu presiden dan wakil presiden ditandatangan oleh Ketua dan Komisioner KPU RI lengkap. Kemudian saksi paslon 01 at.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]