Terkait Kasus Dugaan Pekerjaan Subkontraktor Fiktif, Mantan Bos Jasa Marga Jadi Tersangka


Sabtu, 25 Juli 2020 - 22:02:59 WIB
Terkait Kasus Dugaan Pekerjaan Subkontraktor Fiktif, Mantan Bos Jasa Marga Jadi Tersangka Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah menetapkan tiga tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pekerjaan subkontraktor fiktif dalam proyek-proyek yang digarap PT Waskita Karya (Persero) Tbk. 

Selain dua tersangka baru lain yakni Dirut PT Waskita Beton Precast Jarot Subana (JS) dan Wakil Kadiv II PT Waskita Karya Fakih Usman (FU), ternyata juga ada nama mantan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani (DS).

Ketua KPK, Firli Bahuri, menyebut, penetapan ketiga tersangka itu dilakukan setelah pihaknya menemukan bukti permulaan yang cukup adanya dugaan tindak pidana korupsi. "KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ke penyidikan pada 13 Juli 2020 dengan tiga orang sebagai tersangka," ucapnya, Kamis, 23 Juli 2020.

Penetapan tersangka ini ternyata berimbas kepada perdagangan Bursa efek Indonesia (BEI) dimana saham Waskita Karya atau WSKT naik 2,82 persen atau 20 poin menjadi Rp730. Namun, sepanjang tahun berjalan harganya melorot 50,84 persen.

Sebelumnya KPK menjelaskan bahwa penetapan tersangka ini merupakan pengembangan perkara. Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Kepala Divisi II PT Waskita Karya Fathor Rachman dan Eks Kepala Bagian Keuangan dan Resiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar menjadi tersangka.

Ketiga tersangka ini disebut merugikan keuangan negara terkait pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan perusahaan plat merah tersebut. KPK menduga Fathor dan Yuly telah menunjuk beberapa perusahaan subkontraktor untuk mengerjakan sejumlah proyek infrastruktur yang sebenarnya telah dikerjakan oleh perusahaan lain. Keduanya disangka membuat seolah-olah pekerjaan tersebut dikerjakan oleh perusahaan subkontraktor. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]