Banyak Serangan Jantung Terjadi Saat Gowes, Ternyata Ini Alasannya


Ahad, 26 Juli 2020 - 08:19:46 WIB
Banyak Serangan Jantung Terjadi Saat Gowes, Ternyata Ini Alasannya ilustrasi bersepeda

HARIANHALUAN.COM - Saat ini, bersepeda atau gowes sudah menjadi primadona di tengah pandemi virus Covid-19. Ini pun menandakan bahwa makin banyak orang sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Banyak diantaranya menggunakan sepeda sebagai transportasi untuk ke kantor dan aktifitas lainnya. Gunanya, untuk menghindari kontak fisik di transportasi publik.

Namun, sisi buruknya, makin banyak kabar pesepeda yang pingsan dan terjatuh karena serangan jantung saat gowes. Kenapa ya seseorang bisa kolaps saat gowes? Maraknya laporan tentang seseorang yang kolaps saat gowes diakui oleh ahli jantung dari Siloam Hospital Lippo Karawaci, dr Vito A Damay. Namun menurutnya, hal itu sudah terjadi sebelum tren sepeda ini dimulai.

Ketika sedang tren olahraga futsal, banyak juga yang kolaps di lapangan futsal. "Sekarang ini makin marak, makin banyak laporan lagi gowes lalu dia memang kena masalah kesehatan, seperti kolaps," jelas dr Vito dilansir dari detikcom, Jumat (24/7/2020) malam kemarin.

dr Vito mengatakan, kolaps saat bersepeda bisa terjadi karena sebelumnya mereka tidak pernah bersepeda lalu memaksakan diri dan tidak sadar punya penyakit jantung. "Sebenarnya intinya, kebanyakan dari mereka punya masalah penyakit jantung tapi mereka tidak tahu sebelumnya atau penyakit pembuluh darah yang lain," tutup dr Vito.

Pemeriksaan atau check up rutin menurut dr Vito bisa mengurangi risiko tersebut. Dengan mengenali kondisi tubuh, maka seseorang bisa lebih mengenali batas-batas kemampuan fisiknya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]