Bagikan Masker, Mahasiswa KKN Unitas Ajak Pelaku UMKM Sadar Protokol Kesehatan


Ahad, 26 Juli 2020 - 08:49:56 WIB
Bagikan Masker, Mahasiswa KKN Unitas Ajak Pelaku UMKM Sadar Protokol Kesehatan Mahasiswa KKN Unitas bagi-bagi masker ke pelaku UMKM.

HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang memberikan sosialisasi protokol kesehatan di masa new normal, sekaligus membagikan masker kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanaman bunga di Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto dan Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah.

Ketua Kelompok KKN Unitas Padang di Koto Tangah Welgi Dewangga mengatakan, sosialisasi protokol kesehatan di masa new normal selama pandemi Covid-19 dan pemberikan masker dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di daerah itu. Masker diberikan kepada pelaku usaha pembibitan dan tanaman bunga serta masyarakat sekitar lokasi usaha tersebut.

“Kami berikan masker kepada pelaku usaha (UMKM) tanaman bunga, sekaligus juga sosialisasi kepada pelaku usaha untuk memutus penyebaran Covid-19, karena pelaku usaha banyak berinteraksi dengan pembeli,” katanya, Sabtu (25/7/2020).

Dia mengatakan, pelaku usaha rentan tertular maupun menularkan Covid-19 jika tidak menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, karena interaksinya dengan pembeli. Sehingga, pelaku UMKM perlu memiliki pemahaman dan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan. Masih ditemukan pelaku usaha yang kurang disiplin, sehingga perlu didorong untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan menyediakan air cuci tangan serta handsanitizer di lokasi usahanya.

Welgi mengungkapkan KKN tahun ini memang diprioritaskan mengenai upaya penanganan Covid-19, sehingga kegiatan yang dilaksanakan memiliki kontribusi bagi masyarakat sekaligus mencerdaskan dan berupaya meminimalkan penyebaran Covid-19. 

Sebelumnya, mahasiswa KKN Koto Tangah juga memberikan masker kepada kelompok PKK di Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto dan menggelar senam bersama dengan mengikuti protokol Covid-19. Selain itu, juga melakukan penyemprotan disinfektan di komplek perumahan masyarakat, melakukan gotong royong bersama warga, penyuluhan Covid-19 dan kegiatan pengabdian lainnya. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]