Antisipasi Kebakaran, Anggota Dewan di Pasaman Ini Sarankan Ada Pos Damkar Setiap Kecamatan


Ahad, 26 Juli 2020 - 10:47:07 WIB
Antisipasi Kebakaran, Anggota Dewan di Pasaman Ini Sarankan Ada Pos Damkar Setiap Kecamatan Anggota DPRD Pasaman, Yulius Erita menyemangati para korban kebakaran di Cengkeh, Nagari Panti.

HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kabupaten Pasaman dari Fraksi PPP, Yulius Erita menyarankan pemerintah setempat mendirikan pos pemadam kebakaran serta menyiagakan armadanya disetiap kecamatan. Menurut istri Wali Nagari Panti ini, dengan lokasi pos Damkar yang lebih dekat di setiap kecamatan, kebakaran hingga menghanguskan rumah beserta harta benda milik warga bakal lebih terantisipasi.

"Pasca kebakaran hebat yang menghanguskan 5 unit rumah warga di Cengkeh, Panti, Jumat (24/7/2020), beberapa tokoh masyarakat menemui saya, mempertanyakan kenapa tidak tersedia mobil pemadam di setiap kecamatan," ungkap bu Wali, biasa ia disapa, Minggu (26/7/2020).

Erita menambahkan, bahwa sarannya dan juga harapan banyak masyarakat sangat sulit dikabulkan oleh Pemkab Pasaman. Keterbatasan keuangan daerah adalah kendalanya, sehingga rencana yang didengungkan sejak lama itu hingga kini belum terealisasi. "Itu semua tergantung dengan ketersediaan keuangan daerah. Namun, armada sehat, siap tempur, komunikasi lancar, sudah cukup untuk kita syukuri. Tapi, kita tetap berharap ada pos Damkar ditiap kecamatan," ujarnya.

Guna meminimalisir bencana kebakaran, Erita berharap, Pemkab Pasaman dapat meningkatkan sarana prasarana pada dua posko Damkar yang dimiliki saat ini, yakni di Lubuksikaping dan Padanggelugur. "Meski begitu, kedepannya kita berharap sarana dan prasarana pemadam kebakaran ini lebih baik lagi. Armada yang ada harus ditingkatkan, termasuk fasilitas dan penunjang lainnya," imbuhnya. 

Namun, di tengah keterbatasan sarana prasarana di dua pos Damkar itu, Erita tetap mengapresiasi kinerja petugas pemadam kebakaran setempat. Mereka bertaruh nyawa memadamkan setiap musibah kebakaran dan mengabaikan keselamatan jiwa mereka. "Jujur, saya mengapresiasi kerja petugas pemadam kebakaran, yang berjuang keras memadamkan api dan menyelamatkan barang barang dari kobaran api saat terjadinya musibah kebakaran hingga menghanguskan 5 unit rumah warga di Panti," ucapnya.

Mereka, kata dia, dengan gigih dan berani bertarung nyawa memadamkan kobaran api, meski mereka sadar fasilitas dan sarana prasarana yang dimiliki tim Damkar ini terbatas alias minim. "Bahkan saya lihat langsung seorang petugas yang terluka tertimpa atap seng, dan sempat dilarikan ke RS Ibnu Sina Yarsi Panti, untuk mendapat perawatan medis. Kita apresiasi kerja mereka, tanpa mereka entah lah apa yang terjadi dengan pemukiman yang padat penduduk tersebut," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]