Ayo Tinggalkan Kantong Belanja Sekali Pakai! Ini Penggantinya...


Ahad, 26 Juli 2020 - 13:05:46 WIB
Ayo Tinggalkan Kantong Belanja Sekali Pakai! Ini Penggantinya... Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penggunaan kantong belanja sekali pakai telah dilarang oleh Peraturan Gubernur DKI Jakarta no. 142 tahun 2019. Lalu, apa solusi penggantinya?

Aturan kewajiban memakai kantong belanja ramah lingkungan yang artinya pelarangan kantong belanja sekali pakai itu berlaku di toko swalayan, pusat perbelanjaan, dan pasar rakyat mulai 1 Juni 2020. Dalam Pergub itu juga disebut, tiga komponen pelaku Pergub DKI tersebut juga diminta untuk memebrikan harga wajar kantong belanja ramah lingkungan.

Nah, agar lebih mudah, traveler yang berbelanja ke toko swalayan, pusat perbelanjaan, dan pasar rakyat sebaiknya membawa kantong belanja sendiri.

Buat traveler yang masih bingung menggunakan kantong belanja ramah lingkungan seperti apa yang bisa digunakan saat ini, berikut tujuh solusi pengganti kantong plastik sekali pakai:

1. Kantong Kain
Agar tak repot dalam membawa kantong belanja, maka kamu bisa bawa kantong berbahan kain. Kantong belanja kain termasuk ramah lingkungan karena terbuat dari serat kapas.

Selain mudah untuk dibawa, kantong belanja ini bisa digunakan berulang kali tanpa merusak ekosistem alam. Jangan lupa untuk bawa kantong ini sebelum berbelanja travelers.

2. Tas Jaring
Tas katun yang terlihat seperti karing atau jala juga kuat dan tahan lama travelers. Tas ini bisa digunakan untuk belanja bahan makanan, biasanya untuk buah.

Memiliki bahan yang ramah lingkungan, tas ini bisa dilipat kecil sehingga bisa menghemat tempat. Kamu bisa membawanya kemana pun untuk menghindari penggunaan plastik.

3. Tas Lipat Reusable
Kantong belanja reusable biasanya dibuat dari bahan polyester atau nilon yang ringan. Tas ini praktis, bisa dilipat hingga ukuran yang cukup kecil untuk dimasukkan di saku celana atau gantungan kunci.

Terbuat dari kain, tas ini ramah lingkungan dan bisa dicuci saat kamu mau menggunakannnya kembali.

4. Kantong Belanja Berbahan Kertas
Kalau belanjaanmu tidak banyak, kantong belanja berbahan kertas bisa menjadi solusi. Kantong belanja berbahan kertas atau paper bag biasanya sudah dikemas seperti tas lengkap dengan pegangannya.

Walaupun jarang digunakan di swalayan, kantong model seperti ini bisa kamu bawa saat ingin berbelanja. Asalkan jangan sampai terlalu berat ya travelers.

5. Kardus
Meski lebih praktis menggunakan kantong berbahan kain dan paper bag, tapi kardus juga bisa jadi pilihan untuk memuat banyak belanjaan. Terbuat dari kertas, kardus termasuk dalam kategori ramah lingkungan, juga bisa digunakan berulang kali selama kondisinya masih baik.

Biasanya pun, berbagai swalayan menyediakan kardus sisa produk makanan. Kamu bisa minta pegawai swalayan untuk mengemas belanjaan.

6. Tas Anyaman
Jika kardus dirasa agak sulit untuk dibawa, kamu bisa memakai tas anyaman. Sebenarnya, tas ini sudah digunakan sejak dulu saat berbelanja ke pasar tradisional.

Tas yang mulai ditinggalkan ini bisa kamu gunakan kembali. Dengan berbahan anyaman daun pandan, rotan, bambu tentunya tas ini sangat ramah lingkungan.

7. Food Container
Menghindari kantong plastik sekali pakai, traveler bisa memakai food container. Walaupun masih berbahan plastik, namun bisa dicuci untuk digunakan berulang kali.

Kemasan food container juga aman untuk makanan. Ukurannya pun tersedia mulai kecil hingga besar. Biasanya, kemasan seperti ini digunakan di pasar swalayan.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 April 2020 - 18:00:31 WIB

    Jamu Bisa Jaga Stamina saat Puasa, Ayo Dicoba!

    Jamu Bisa Jaga Stamina saat Puasa, Ayo Dicoba! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pakar kesehatan mengatakan jamu memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh antara lain menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan kadar lemak tubuh, sehingga tak masalah dikonsumsi sa.
  • Selasa, 28 April 2020 - 06:02:31 WIB

    Ayo Coba Teknik 4-7-8, Trik Agar Tidur Lebih Cepat

    Ayo Coba Teknik 4-7-8, Trik Agar Tidur Lebih Cepat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tak bisa dimungkiri, di tengah kondisi tak pasti lantaran wabah virus corona, orang rentan mengalami stres. Alhasil, dampaknya pun beragam mulai dari sulit konsentrasi saat bekerja, timbul jerawat .
  • Senin, 09 Maret 2020 - 19:30:57 WIB

    Ayo Segera Ganti, Jika Helm Anda Sudah Ada Tanda-tanda Seperti Ini

    Ayo Segera Ganti, Jika Helm Anda Sudah Ada Tanda-tanda Seperti Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Cuaca yang kerap berganti membuat kenyamanan helm berkurang. Terlebih, jika pelindung utama bagian kepala para pengendara sepeda motor ini selalu digunakan sehari-hari..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 14:46:35 WIB

    Mayoritas Perempuan Tak Suka Bercanda soal Hal Satu Ini

    Mayoritas Perempuan Tak Suka Bercanda soal Hal Satu Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada baiknya Anda memikirkan 'materi' lain dan tak perlu lagi menjadikan seksualitas sebagai bahan bercandaan. Sebab fakta menunjukkan, mayoritas perempuan di seluruh dunia tak suka bercanda soal se.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 04:24:54 WIB

    Mau Hidup Sehat, Ayo Biasakan Minum Jamu!

    Mau Hidup Sehat, Ayo Biasakan Minum Jamu! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pembangunan kesehatan mengedepankan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini dapat dicapai dengan cara meningkatkan kondisi kesehatan. Dalam upaya untuk mencapai kondisi .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]