KPU Dharmasraya: 12 Ribu Dukungan untuk Fakhrizal dan Genius Umar Tidak Penuhi Syarat


Ahad, 26 Juli 2020 - 14:25:47 WIB
KPU Dharmasraya: 12 Ribu Dukungan untuk Fakhrizal dan Genius Umar Tidak Penuhi Syarat Ketua KPU Dharmasraya Maradis, didampingi komisioner lainnya Zainal Effendi, Doni Kartago, France Putra, Adpriadi dan Sekretaris KPU Yendrizal, dalam konferensi pers hasil verifikasi faktual dukungan calon perseorangan di Kantor KPU Dharmasraya, Minggu (26/07). Maryadi

HARIANHALUAN.COM - Sekitar 12 ribu dukungan untuk bakal calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, pasangan Fakhrizal dan Genius Umar, dikategorikan tidak memenuhi syarat (TMS), sedangkan sebanyak 11.561.000, memenuhi syarat (MS).

Hal itu disampaikan Ketua KPU Dharmasraya, Maradis, didampingi komisioner lainnya Zainal Effendi, Doni Kartago, France Putra, Adpriadi dan Sekretaris KPU Yendrizal, dalam konferensi pers hasil verifikasi faktual dukungan calon perseorangan, pada pemilihan umum kepala daerah tahun 2020, Minggu (26/07), di Kantor KPU Dharmasraya, di Pulau Punjung.

Dijelaskannya, setelah 14 hari tim verifikator KPU turun ke lapangan guna memvalidkan data yang sudah dimasukkan oleh tim calon independen tersebut, dari data yang TMS tersebut ada yang KTP TNI dan Polri aktif, ada yang aparatur sipil negara, ada yang penyelenggara pemerintah seperti wali nagari sampai kepada perangkat jorong.

"Ada juga warga yang tidak tahu bahwa KTP-nya sudah digunakan sebagai pendukung," tukuk Maradis.

Untuk penjelasan apakah calon tersebut lolos atau tidak lolos, merupakan kewenangan dari KPU Provinsi Sumbar, sedangkan KPU Dharmasraya hanya bertugas untuk memvalidkan data, selanjutnya diteruskan kepada KPU Provinsi Sumbar untuk diproses.

Kemudian, ulas putra Sitiung ini, apabila ada dukungan yang tidak diverifikasi faktual oleh petugas, maka tim atau LO dari calon tersebut dapat membawa orang tersebut ke KPU untuk divalidkan. 

Dengan demikian, ulasnya, tidak ada yang dirugikan atau merasa dirugikan. "KPU bekerja sesuai dengan rambu-rambu yang ada," tutupnya.(*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]