Tak Pakai Masker, Jangan Coba-coba Naik Maskapai Ini


Ahad, 26 Juli 2020 - 16:52:29 WIB
Tak Pakai Masker, Jangan Coba-coba Naik Maskapai Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Penggunaan masker oleh penumpang kian jadi kewajiban di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Malah, maskapai ini bakal blacklist penumpang yang lalai.

Maskapai Delta Airlines merupakan salah satu yang terkenal tegas dan ketat untuk urusan protokol kesehatan. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020), maskapai asal AS itu bahkan tak ragu untuk mem-blacklist penumpangnya yang kedapatan malas memakai masker seperti diberitakan Travel + Leisure.

Seperti diungkapkan oleh sang CEO Ed Bastian, Delta Airlines disebut telah mencatat lebih dari 100 nama penumpangnya yang kedapatan bandel dan tak memakai masker awal Minggu ini.

"Kami begitu konsisten dan secara agresif meningkatkan kebijakan kami terkait kewajiban memakai masker. Kamu tak bisa terbang dengan Delta kecuali memakai masker. Jika kamu terbang dan memaksa tak pakai masker, kami akan memaksa Anda untuk tak terbang dengan Delta di masa mendatang," tegas Ed saat diwawancarai media TODAY.

Kebijakan tegas itu pun datang berbarengan dengan 'Clearance-to-Fly' yang wajib diisi penumpang apabila beralasan tak bisa memakai masker dengan suatu alasan atau kondisi tertentu. Kebijakan itu pun bersifat mutlak.

"Kami bilang pada mereka, mungkin Anda tidak mau terbang naik pesawat. Pertimbangkan lagi apakah pesawat merupakan moda transportasi yang tepat," ujarnya.

Delta Airlines menjadi salah satu maskapai pertama di AS yang mewajibkan penggunaan masker untuk para penumpangnya. Kebijakan itu pun dikeluarkan pada awal Mei, mengikuti pelarangan kursi tengah untuk diduduki dan pembatasan jumlah penumpang di pesawat.

"Saya tahu ada begitu banyak kecemasan di ruang publik, bahkan untuk para veteran yang telah terbang sekian lama. Ketika mereka kembali terbang, ada proses yang harus dilewati," ungkap Ed.

Soal kewajiban memakai masker untuk para penumpangnya di AS, Delta Airlines tak sendiri. Maskapai Southwest Airlines juga mewajibkan aturan serupa terhitung sejak 27 Juli atau hari Senin pekan depan.

Maskapai American Airlines dan United Airlines juga sepakat untuk mem-blacklist penumpangnya terbang apabila menolak memakai masker. Termasuk juga mewajibkan masker saat di bandara.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]