Pelalawan Sediakan Beasiswa dan Hibahkan Tanah


Ahad, 26 Juli 2020 - 18:05:44 WIB
Pelalawan Sediakan Beasiswa dan Hibahkan Tanah Sekretaris sedang menyiapkan surat pertimbangan Senat.

HARIANHALUAN.COM - Koordinator Akademi Komunitas Pelalawan, Yusmiri, S.Sos menyatakan, untuk tahap awal, target mereka pada 2021 sudah bisa menerima mahasiswa baru untuk jenjang D-3 dan D-4 Manajemen Informatika dan Teknik Listrik. Sementara, Sekdakab Pelalawan, Drs. H.T. Mukhlis M.Si, di tempat terpisah membenarkan dukungan mereka terhadap PSDKU sebagai pengganti PDD (Pendidikan Diluar domisili).

Dunia industri dan dunia usaha pun mendukung pendirian pendidikan tinggi vokasi tersebut karena sampai saat ini belum ada perguruan tinggi dengan program vokasi di Kabupaten Pelalawan.

"Sementara, minat lulusan SLTA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi cukup tinggi. Hampir 50% lulusan SLTA diterima Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Riau, bahkan belum mampu menampung lulusan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi meskipun dipengaruhi jarak tempuh untuk mendapatkan pendidikan tinggi," kata Mukhlis dikutip dari website PNP, Minggu (26/7/2020).

Lebih jauh Sekda melaporkan, Pemkabnya juga akan menyediakan dana beasiswa dan dana operasional PSDKU, menghibahkan tanah berserta gedung dan prasarana serta tambahan SDM untuk terselenggaranya PSDKU dengan Prodi D-3 Teknik Listrik dan Prodi D-3 Manajemen Informatika.

Wakil Bipati Kabupaten Solok Selatan, Abdul Rahman menyatakan, Pemkab mendukung sepenuhnya PSDKU karena investasi Pemkab sudah tertanam cukup besar sejak Akademi Komunitas belum ditutup.

Ia juga merinci, pada tahun 2019 pihaknya sudah menganggarkan Rp4,8 miliaar dengan rincian Rp4 miliar pembangunan jalan sekeliling tanah yang dihibahkan dan Rp800 Juta untuk interior kampus.

Jalan lingkar dibangun untuk memperjelas batas sehingga tidak ada masyarakat yang membuat bangunan di dalamnya.

“Kalau nanti politeknik ini sudah mandiri maka semua aset Pemda akan dihibahkan,” ujarnya.

Sementara Pemerintah  Kabupaten Tanah Datar telah membangun asrama di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar untuk menunjukkan apresiasinya terhadap pendidikan anak nagarinya. Pembangunan asrama mahasiswa/rusunawa ini menelan dana hampir Rp10 miliar diatas lahan 5,5 hektar, sejak masih berdiri Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar (AKNTD). (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]