Tips Bagi yang Mau Berkurban tapi Gaji Pas-pasan


Ahad, 26 Juli 2020 - 19:25:56 WIB
Tips Bagi yang Mau Berkurban tapi Gaji Pas-pasan Hewan kurban

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bagi yang memiliki penghasilan atau gaji pas-pasan tentunya akan sangat sulit menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, untuk membeli hewan kurban memang perlu direncanakan sejak jauh-jauh hari. Sehingga bisa diperhitungkan berapa yang harus disisihkan setiap bulannya untuk membeli hewan kurban.

Namun biasanya ada kondisi di mana wacana untuk menabung ini selalu hilang. Sehingga mau tidak mau untuk membeli hewan kurban harus merelakan gaji pada bulan tersebut.

“Cuma kan ada aja kejadian kejadian yang kita lalai di sana lalai untuk tidak mencicil dari jauh jauh hari baru pas sudah dekat baru sadar oh iya kurban ya,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (26/7/2020).

Menurut Andi, jika hal tersebut harus dilakukan, maka ada beberapa pos pengeluaran yang harus dihemat. Misalnya adalah pengeluaran untuk yang kebutuhan lifestyle.

“Bisanya yang harus di hentikan atau tunda kebutuhan untuk misalnya jajan di luar makanan sehari-hari. Misalnya untuk senang senang jajan beli baju, di tunda dulu,” kata Andi.

Meskipun begitu menurut Andi, sebenarnya kebutuhan untuk berkurban ini sifatnya bisa ditunda. Karena hukum berkurban sendiri wajib untuk mereka yang mampu, sedangkan bagi yang tidak mampu akan mendapatkan hewan kurban.

“hal pertama yang mesti diingat adalah mengenai hukum berkurban yang sebenarnya tidaklah wajib. Karena berkurban hanya diperuntukkan untuk yang mampu sedangkan bagi mereka yang tidak mampu bisa,” jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]