HP Kamu Hilang? Begini Cara Melacaknya


Ahad, 26 Juli 2020 - 20:38:00 WIB
HP Kamu Hilang? Begini Cara Melacaknya Foto: MSPoweruser

HARIANHALUAN.COM - Ponsel hilang memang sebuah malapetaka yang tentunya tidak ingin kita hadapi. Namun, ini juga tak dapat dihindari jika  harus terjadi. Banyak hal yang dikhawatirkan dari hilangnya sebuah ponsel, mengingat zaman sekarang yang serba dinamis, digital, dan fleksibel.

Aplikasi yang terpasang di ponsel saat ini kebanyakan adalah aplikasi yang terhubung dengan data pribadi dan transaksi, ini menjadi hal yang sulit dihadapi jika harus kehilangan ponsel. 

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Minggu (26/7/2020), namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan kembali ponselmu. Salah satunya melalui aplikasi Find My Device dan Gmail. Kebanyakan dari kita pasti memiliki akun Gmail yang aktif di setiap ponsel. Nah, berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk melacak ponsel menggunakan aplikasi Find My Device:

1. Unduh Aplikasi Find My Device

Aplikasi ini harus kamu unduh dan pasang terlebih dahulu di perangkat lain, misalnya ponsel milik teman atau orang tua. 

2. Login Menggunakan Gmail

Inilah pentingnya mengingat email dan password Gmail. Dalam keadaan genting seperti kehilangan ponsel ini, kamu harus login dengan menggunakan akun Gmail di aplikasi Find My Device. Pilih opsi Sign In as Guest untuk masuk ke akun Gmail yang sesuai dengan akun Gmail di ponselmu yang hilang. 

3. Temukan Lokasi Ponsel

Sebelum menemukan di mana lokasi hilangnya ponselmu, Google akan meminta perizinan untuk mengakses lokasi. Klik Allow untuk melanjutkan dan secara otomatis, Find My Device akan menemukan lokasi terakhir ponsel kamu yang hilang. 

4. Temukan Petunjuk Arah

Jika kamu ingin menuju lokasi hilangnya ponsel seperti yang telah ditetapkan oleh Find My Device, ketuk ikon berwarna hijau. Ikon ini akan menunjukkan lokasi ponsel dan pilihlah opsi Google Maps. Fitur ini akan otomatis mengalihkan layar menjadi Google Maps untuk mengarahkan kamu ke lokasi hilangnya ponsel. 

Gimana, mudah bukan cara melacaknya? Untuk yang sedang kehilangan ponsel, semoga cara ini membantu kalian. Artikel ini bisa kamu simpan juga untuk berjaga-jaga jika terjadi kehilangan nantinya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:32:05 WIB

    Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Membedakan HP Bekas dan Rekondisi

    Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Membedakan HP Bekas dan Rekondisi HARIANHALUAN.COM - Meski di zaman modern, penipuan masih merajalela, termasuk penipuan teknologi. Nah, bagi kamu yang ingin membeli ponsel harus berhati-hati ya, karena jika tidak teliti bisa merugi. Ada hal yang perlu diteli.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 19:22:48 WIB

    Ternyata, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Menerjemahkan Bahasa Asing hingga Scan Dokumen Lho

    Ternyata, Kamera HP Bisa Digunakan untuk Menerjemahkan Bahasa Asing hingga Scan Dokumen Lho HARIANHALUAN.COM - Selama ini kamu pasti selalu menggunakan kamera handphone (hp) hanya untuk mengambil gambar dan membuat video. Tapi tahu gak sih? Ternyata, kamera ponsel juga bisa digunakan untuk menterjemahkan bahasa asi.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 11:20:09 WIB

    Yuk Simak 3 Cara Cek HP Legal atau Ilegal

    Yuk Simak 3 Cara Cek HP Legal atau Ilegal HARIANHALUAN.COM - Saat ini media sosial sedang ramai terkait penangkapan bos dari salah satu pengusaha ponsel. Penangkapan tersebut berdasarkan laporan terkait kasus dugaan perdagangan ponsel ilegal atau handphone HP black m.
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 06:41:53 WIB

    10 HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Siapa Juaranya?

    10 HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Siapa Juaranya? HARIANHALUAN.COM - Samsung telah berhasil merebut hati masyarakat. Selain tampilannya yang elegan, smartphone nomor satu di dunia ini juga memiliki tingkat kejernihan kamera yang luar biasa. Tak heran, jika Samsung bisa melen.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 20:45:01 WIB

    Jangan Asal Pilih Casing HP, Bahaya Ini Mengintai

    Jangan Asal Pilih Casing HP, Bahaya Ini Mengintai HARIANHALUAN.COM - Casing handphone merupakan salah satu aksesoris yang paling banyak diburu dan berguna sebagai pelindung untuk ponsel karena mampu meminimalisir terjadinya lecet hingga kerusakan pada ponsel saat terjatuh.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]