Beredar Kabar Munculnya Virus Baru Bernama SFTS, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya


Senin, 27 Juli 2020 - 09:48:08 WIB
Beredar Kabar Munculnya Virus Baru Bernama SFTS, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya Fakta klaim kemunculan virus baru bernama SFTS di China (Turnbackhoax.id)

HARIANHALUAN.COM - Warga net dihebohkan dengan munculnya narasi yang menyebutkan kemunculan virus baru bernama virus SFTS. Virus tersebut diklaim berasal dari China.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Makmur Razaby. Berikut isi narasinya:

"SFTS virus baru yang terjadi di China. Akankah juga sampai ke negara kita."

Benarkah klaim tersebut?

Dilansir dari Suara.com, Senin (27/7/2020), klaim yang menyebutkan ada virus baru bernama SFTS dari China adalah klaim yang salah. Faktanya, virus tersebut telah teridentifikasi sejak 2009 di tiga negara, yakni China, Jepang dan Korea Selatan.

Kasus virus SFTS (Severe Fever with Thrombocytopenia Syndrome) atau disebut juga SFTSV pertama kali ditemukan pada 2009 di China dan menyebar di Jepang dan Korea Selatan, termasuk Amerika Serikat dan Mediteranian.

Virus tersebut masuk dalam jenis bunyavirus yang disebarkan melalui gigitan kutu spesies Haemaphysalis longicornis. Dalam beberapa kasus dapat menular antarmanusia melalui kontak darah dan mukus.

Gejala virus SFTS antara lain demam tinggi, sakit pada bagian perut, mual, mialgia, penurunan drastis jumlah trombosit dan leukosit, peningkatan level enzim serum dan dalam beberapa kasus menimbulkan kegagalan fungsi beberapa organ.

Data WHO menunjukkan tingkat kematian dalam range 16,2 hingga 30 persen dan perawatan lebih lanjut di rumah sakit diperlukan untuk orang tua dan pasien kelainan sistem imun.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut ada virus baru beernama virus SFTS di China adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Mei 2019 - 20:20:17 WIB

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu

    Jelang Lebaran, DPRD Sumbar: Waspadai Beredarnya  Uang Palsu PADANG,HARIANHALUAN.COM- Jelang lebaran yang tinggal menghitung hari, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Endarmy meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kriminalitas yang akan merugikan. Salah satunya terkait a.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:35:21 WIB

    Diselundupkan Bersama Teh China, Narkoba Asal Malaysia Beredar di Agam

    Diselundupkan Bersama Teh China, Narkoba Asal Malaysia Beredar di Agam PADANG, HARIANHALUAN,COM – Jajaran Satresnarkoba Polres Agam mengungkap peredaran narkoba antar negara, Senin (7/5). Dua pelaku yang tertangkap mengaku, narkoba yang mereka edarkan berasal dari Malaysia. Agar tidak ketahua.
  • Senin, 22 Juni 2015 - 18:22:12 WIB

    Uang Palsu Mulai Beredar

    KEPALA BI SUMBAR HIMBAU KENALI UANG ASLI

    PADANG, HALUAN — Waspadalah terhadap uang palsu (upal) yang saat ini mulai beredar di pasaran menjelang lebaran. Seperti yang baru saja disiarkan di berba.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]