Kabar Baik, Industri Pers Dipastikan Dapat Insentif dari Pemerintah


Senin, 27 Juli 2020 - 12:29:31 WIB
Kabar Baik, Industri Pers Dipastikan Dapat Insentif dari Pemerintah ilustrasi industri pers

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memastikan akan memberikan sejumlah insentif kepada industri pers (media). Insentif itu diberikan untuk mengatasi ancaman gulung tikar atau penutupan perusahaan pers dan pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi pekerjanya akibat dampak pandemi Covid-19. Wabah korona yang melanda Indonesia pada awal Maret 2020 hingga kini sangat berdampak besar bagi industri pers, terutama media cetak.

"Pers adalah pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Insan pers, baik cetak maupun elektronik, memiliki peran dan andil sangat besar bagi tegaknya hukum dan demokrasi di dalam negeri," tulis Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman dalam rilisnya diperoleh Haluan.co (Haluan Media Group), Minggu (29/7/2020).

Berdasarkan hasil temu virtual Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama Menkominfo Johnny G. Plate, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh dan sejumlah perwakilan asosiasi media massa nasional di Jakarta, Jumat (24/7/2020) didapatlah beberapa kesepakatan. Seperti, menghapuskan pajak pertambahan nilai (PPN) kertas koran.

Kemudian, penundaan atau penangguhan beban listrik, lalu menangguhkan kontribusi BPJS Ketenagakerjaan selama 12 bulan. Selain itu, juga akan dilakukan penangguhan pembayaran premi BPJS Kesehatan bagi pekerja media. Memberikan keringanan cicilan pajak korporasi dari 30 persen menjadi 50 persen.

Tidak itu saja, kesepakatan itu juga akan membebaskan pajak penghasilan (PPh) karyawan berpenghasilan hingga Rp200 juta per bulan dan terakhir, menginstruksikan semua kementerian agar mengalihkan anggaran belanja iklan layanan masyarakat kepada media lokal. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]