Punya Keterbatasan Fisik, Silvia Mampu Bersaing di kancah Nasional


Senin, 27 Juli 2020 - 16:47:27 WIB
Punya Keterbatasan Fisik, Silvia Mampu Bersaing di kancah Nasional Diatas kursi rodanya, Silvia terus merajut dan menghasilkan karya yang mencengangkan. (Irham)

HARIANHALUAN.COM - Silvia Piobang (40), seorang wanita paruh baya tak memiliki kedua kaki, mampu menyaingi orang norma pada umumnya. Kenapa tidak, dengan memanfaatkan kedua tangannya, Silvia berhasil menciptakan karyanya dalam merajut. Setelah divonis cacat karena mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan yang dialaminya pada tahun 2001 silam di Kota Bukittinggi. 

Sejak itulah, dia selalu memotivasi diri sehingga pada akhirnya ia bisa sesukses sekarang. Berbagai jenis rajutan yang telah dibuat Silvia, seperti Sepatu, tas, dompet, hijab, dan aksesoris lainnya yang hanya bermodalkan skil dan keinginan yang kuat bahwa ia bisa seperti orang normal pada umumnya.

"Saya menekuni rajutan ini sudah sejak tahun 2015, kemudian menjadi binaan Dinas sejak tahun 2017. Dalam menekuni rajutan ini, saya merasakan masa sulit selama 5 tahun," sebut Silvia, Senin (27/7/2020).

Kemudian hasil karyanya dihargai hingga Rp800 ribu. Harga tersebut dinilai berdasarkan jenis dan tingkat kesulitan dalam merajut. Jika memiliki kesulitan lebih tinggi, tentu harganya juga lebih mahal. "Rajutan ini diminati oleh semua kalangan. Tapi untuk sepatu dan tas rata-rata diminati oleh ibu-ibu yang bekerja kantoran. Namun untuk aksesoris diminati oleh kalangan anak muda seperti mahasiswa," sebutnya.

Ditambahkannya, dalam melakukan kreativitas dan usaha rajut ini, Silvia mengaku telah banyak mendapat cibiran dari orang-orang sekitarnya, karena keterbatasan yang dimilikinya. "Inilah yang menjadi motivasi saya, bahwasanya saya juga bisa berkreatifitas seperti orang normal pada umumnya," terang Silvia saat ditemui wartawan di kediamannya, kawasan Komplek Wisma Indah 1 Blok 1, Jalan Bali, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]