Mulyadi-Ali Mukhni, Duet Pemimpin Berpengalaman untuk Kemajuan Sumbar


Senin, 27 Juli 2020 - 17:04:47 WIB
Mulyadi-Ali Mukhni, Duet Pemimpin Berpengalaman untuk Kemajuan Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni duet untuk Sumbar lebih maju.

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Calon dari Partai Amanat Nasional (PAN). SK tersebut memperkuat duet Mulyadi-Ali Mukhni pada Pilgub Sumbar 2020.

Menanggapi terbentuknya duet Mulyadi-Ali Mukhni, Pengamat politik Universitas Andalas Edi Indrizal mengatakan keduanya merupakan figur yang punya kapabilitas dan kredibilitas dalam menjalankan tugasnya. Menurut dia, kedua putra Minangkabau ini punya kedekatan kuat.

"Mulyadi-Ali Mukhni ini pasangan saling melengkapi. Duet yang mungkin juga mendasari chemistry di antara keduanya untuk berpasangan," kata Edi Indrizal saat dihubungi.

Menurut Edi, keduanya juga punya pengalaman yang matang. Mulyadi berpengalaman di legislatif dengan menjadi Anggota DPR RI selama lebih dari 10 tahun. Sedangkan Ali Mukhni kapabel di eksekutif sebagai bupati dua periode Padang Pariaman.

Edi melihat, keduanya juga tipe pemimpin yang responsif. Hasilnya, kerja nyata keduanya juga sudah dinikmati oleh masyarakat Sumbar.

"Mulyadi dan Ali Mukhni memiliki kesamaan dalam hal gaya kepemimpinan yang responsif terhadap aspirasi masyarakat. Sama-sama pekerja keras dan suka bekerja cepat dengan pembuktian hasil kerja nyata dalam menjalankan amanah rakyat," jelas Edi.

Terbukti, Mulyadi berhasil berbagai program percepatan pembangunan sehingga dapat membantu daerah-daerah untuk keluar dari status daerah tertinggal. Sebut saja dua kabupaten di Sumbar yaitu Solok Selatan dan Pasaman Barat. Keduanya lepas dari status daerah tertinggal pada 2019 hingga provinsi itu hanya menyisakan satu daerah lagi yang diproyeksikan bisa keluar pada 2020 ini.

Selain itu, dia menambahkan, di antara program-program yang disalurkan oleh Mulyadi dari pemerintah pusat adalah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Program Pembangunan Infrastruktur Desa (PPIP), Bidik Misi, bantuan pembangunan sumur bor air bersih, mesin kapal nelayan, penyediaan air dan listrik, serta penerangan jalan umum tenaga surya.
Sementara itu, Ali Mukhni adalah Bupati Padang Pariaman yang berhasil membenahi infrastruktur daerahnya. Ali Mukhni juga berhasil mengatasi masalah sosial di Padang Pariaman.

Infrastruktur pendidikan juga tak luput dari sentuhan Ali Mukhni. Sebut saja, MAN Insan Cendekia di Sintuk Toboh Gadang, Makam dan Masjid Agung Syekh Burhanuddin yang juga berfungsi sebagai shelter saat terjadi Tsunami atau Bencana lainnya di Ulakan Tapakis, Asrama dan Embarkasi Haji Sumbar di Batang Anai dan Main Stadion di Lubuk Alung.

Tak jauh berbeda, pengamat politik lainnya Asrinaldi menuturkan, dari sejumlah nama yang digadang akan berpasangan dengan Mulyadi, nama Ali Mukhni sudah nama yang tepat. 

"Saya meyakini bahwa Mulyadi berpasangan dengan Ali Mukhni ini sudah pilihan yang tepat," ucap Asrinaldi.

Dia menilai keduanya akan saling melengkapi dalam menjalankan pemerintahan. Menurut dia Mulyadi bukan hanya butuh yang bisa menaikkan elektabilitas, tetapi juga yang bisa bekerja seperti Ali Mukhni.

"Pertimbangan tidak hanya tentang elektabilitas, tentu ada pertimbangan lain. Misalnya pengalaman di pemerintahan. Pak Ali di eksekutif, sementara Pak Mulyadi di legislatif umunnya, tentu dia butuh orang yang paham di eksekutif, dan pak Ali Mukhni punya itu," ujar Asrinaldi. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]