Hari Kelima Operasi Patuh Singgalang, Polres Dharmasraya Tilang 69 Pelanggar


Senin, 27 Juli 2020 - 17:52:36 WIB
Hari Kelima Operasi Patuh Singgalang, Polres Dharmasraya Tilang 69 Pelanggar ilustrasi razia

HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satuan Lalulintas Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya sudah menindak sedikitnya 69 orang pelaku pelanggaran lalulintas di wilayah hukum polres tersebut pada pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2020 hingga Senin (27/7/2020). 

"Pelanggaran paling mendominasi masih pada kepatuhan pengendara sepeda motor dalam menggunakan helm serta pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), " kata Kasat Lantas Polres setempat, Iptu Fery Yuzaldi di Dharmasraya.

Selain menerbitkan surat bukti pelanggaran (tilang) oleh petugas, jelasnya, juga diberlakukan sanksi berupa teguran tertulis sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas. 

Dalam pelaksanaannya, seluruh petugas diperintahkan untuk bersikap persuasif dan humanis tanpa harus mengabaikan penegakan aturan berlalulintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran selama berada di jalan. Dan juga demi menghindari risiko kecelakaan yang bisa berujung pada peristiwa kematian dan bentuk kerugian materil lainnya. 

"Selama pelaksanaan operasi, seluruh petugas juga diwajibkan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19," ujarnya. 

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan, pada operasi itu ada delapan bentuk pelanggaran yang menjadi titik sasaran penertiban pihaknya terhadap para pengguna jalan. 

"Delapan pelanggaran tersebut yaitu tidak menggunakan helm, berbonceng tiga bagi sepeda motor, knalpot bolong, dan tidak mengenakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil, melawan arus, kelebihan muatan, menggunakan HP saat mengendarai serta over dimensi," ungkapnya. 

Ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi segala aturan lalulintas serta melengkapi surat-surat kendaraan miliknya. "Setiap peristiwa kecelakaan lalu-lintas selalu diawali dengan adanya tindakan pelanggaran dan kelalaian dari setiap pengguna jalan, tetap waspada karena kelalaian anda akan membahayakan jiwa anda dan orang lain," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]