'Sejuta Suara' Tak Berguna, Fakhrizal-Genius Sebut Sistem Verfak KPU Berantakan


Senin, 27 Juli 2020 - 20:11:45 WIB
'Sejuta Suara' Tak Berguna, Fakhrizal-Genius Sebut Sistem Verfak KPU Berantakan Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) jalur independen Fakhrizal-Genius Umar.

HARIANHALUAN.COM - Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) jalur independen, Fakhrizal-Genius Umar sangat menyayangkan hasil verifikasi faktual (verfak)yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Pada verifikasi tersebut, bacalon jalur independen ini dinyatakan gagal pada proses verifikasi faktual lantaran hanya memperoleh suara dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 130.258 orang dari 336 ribu suara yang dikumpulkan sebelumnya. Sementara untuk maju menjadi calon gubernur Sumbar setidaknya mencukupi total suara sebanyak 316.051 orang.

Atas kejadian tersebut, bacalon Gubernur Sumbar, Fakhrizal mengatakan, walupun sejuta dukungan diserahkan kepada KPUD Provinsi akan tetap gagal, jika oknum tertentu memiliki niat dalam mencari celah kegagalan verifikasi data terhadap pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

"Dalam melengkapi perbaikan data, kita sudah menyiapkan 200 ribu data dukungan cadangan, kalau hanya TMS sebanyak 80 ribu, maka akan terpenuhi walaupun dikalikan dua kali lipat," kata Fakhrizal, Senin (27/7/2020).

Hanya saja, kata dia, jika data yang masuk dalam kategori Tidak Ditemukan (TD) dijadikan data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka sejuta data pun diberikan kepada pihak KPU akan tetap hasilnya seperti ini.

Di kesempatan yang sama, bacalon wakil gubernur Sumbar, Genius Umar juga merasakan beberapa kejanggalan terhadap pertanyaan yang dilontarkan kepada pihak KPU. Pada rapat pleno yang dilakukan tersebut, tidak ada satupun pertanyaan dari Genius Umar yang mampu dijawab oleh pihak KPU hingga pukul 21.00 WIB malam.

"Kita telah menyiapkan semua data perbaikan dan juga telah dimasukkan pada silon offline, tetapi dengan peraturan seperti ini, kita tidak akan melakukan perbaikan, jatuhnya nanti akan sama saja," katanya. 

Lanjut, Genius, dia secara terang-terangan mengatakan ketidakpercayaannya kepada KPU Sumbar. Ia mengatakan berapapun dukungan yang nantinya bakal diserahkan tidak akan ada hasilnya, jika sistem perilaku dan attitude untuk menggagalkan masih terjadi, maka pasti akan gagal juga. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]