Biaya Hidup di Kota Benua Asia Ini Paling Mahal di Dunia


Senin, 27 Juli 2020 - 22:03:41 WIB
Biaya Hidup di Kota Benua Asia Ini Paling Mahal di Dunia Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Mercer's 2020 Cost of Living Survey merilis daftar kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia 2020. Asia mendominasi 10 besar kota termahal di dunia.

Survei Biaya Hidup Mercer mengklaim sebagai salah satu survei paling komprehensif di dunia dan dirancang untuk membantu perusahaan multinasional dan pemerintah menentukan strategi kompensasi bagi karyawan asing mereka.

Survei itu mengacu kepada New York sebagai kota dasar untuk semua perbandingan dan pergerakan mata uang terhadap dolar AS. Survei itu mencakup lebih dari 400 kota di seluruh dunia; peringkat tahun ini memunculkan 209 kota di lima benua.

Survei Mercer itu mengukur biaya komparatif lebih dari 200 item di setiap lokasi, termasuk perumahan, transportasi, makanan, pakaian, barang-barang rumah tangga, dan hiburan. Data untuk survei tahun ini dikumpulkan pada bulan Maret 2020. Tahun ini ada catatan khusus untuk survei biaya hidup ala Mercer itu karena virus Corona yang membuat harga sebuah barang berubah drastis.

Survei Biaya Hidup Mercer yang memasuki edisi ke-26 menunjukkan bahwa faktor-faktor spesifik seperti fluktuasi mata uang, inflasi biaya untuk barang dan jasa, dan ketidakstabilan harga akomodasi, sangat penting untuk menentukan biaya hidup ekspatriat yang ditugaskan ditugaskan di negara lain.

Hasilnya, kota-kota di Asia mendominasi sepuluh besar daftar kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia itu. Dari sepuluh kota dalam daftar kota termahal itu, enam di antaranya ditempati negara-negara Asia.

Hong Kong masih tercatat sebagai kota termahal. Hong Kong berada di posisi itu selama tiga tahun beruntun.

Di posisi ke dua, ada di Ashgabat, Turkmenistan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal. Ashgabat melewati Tokyo yang kini ada di urutan ke tiga.

Urutan keempat dan kelima negara dengan biaya hidup termahal ditempati secara beruntun Zurich dan Singapura. Peringkat Singapura sebagai kota termahal turun dua trap dibandingkan tahun lalu.

Swiss mewakilkan dua kota yang masuk daftar itu. Selain Zurich, Bern juga termasuk jajaran kota dengan biaya hidup termahal sejagat.

China juga bukan lagi menjadi tempat tinggal yang pas buat kantong cekak. Shanghai dan Beijing masuk daftar negara dalam daftar biaya hidup termahal di dunia.

Survei itu juga menunjukkan adanya penurunan peringkat di kota-kota China yang bisa jadi diakibatkan oleh depresiasi mata uang terhadap dolar AS. Penurunan yang paling menonjol ada di kota Shenyang, turun 18 trap dari tahun lalu, peringkat di peringkat ke-63.

Apresiasi mata uang dan kenaikan harga barang dan jasa membuat kota-kota Asia Tenggara, seperti Manila dan Jakarta, naik peringkat pada tahun ini. Manila (80) naik 29 tempat dari tahun lalu, sedangkan Jakarta (86) naik 19 tempat. Mumbai (60) adalah kota termahal di India sedangkan Kolkata (185) adalah kota termahal di India.

Berikut 10 besar kota dengan biaya hidup termahal:

1. Hong Kong
2. Ashgabat, Turkmenistan
3. Tokyo, Jepang
4. Zurich, Swiss
5. Singapura
6, New York, AS
7. Shanghai, China
8. Bern, Swiss
9. Jenewa, Swiss
10. Beijing, China  (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]