Saksikan Yuk, Puncak Hujan Meteor Piscis Austrinid Berlangsung Besok Malam


Senin, 27 Juli 2020 - 22:13:27 WIB
Saksikan Yuk, Puncak Hujan Meteor Piscis Austrinid Berlangsung Besok Malam Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Observatorium Bosscha ITB menyampaikan puncak hujan meteor Piscis Austrinid akan berlangsung pada Selasa (28/7) pukul 22:00 WIB.

Bosscha menyampaikan hujan meteor itu bisa dilihat langsung tanpa alat bantu. Pengamat bisa melihat ke arah rasi bintang Piscis Austrinus untuk menyaksikan hujan meteor.

"Waktu terbaik untuk mengamati kejadian ini adalah di puncak hujan meteor tersebut yaitu di tanggal 28 Juli 2020," kutip Bosscha dalam laman resmi, Senin (27/7). 

Meski demikian, fenomena itu tetap dapat diamati sepanjang malam. Sebab, peristiwa hujan meteor ini sebenarnya sudah berlangsung pada 15 Juli 2020.

Namun, pada peristiwa puncak, biasanya meteor yang terlihat akan lebih banyak ketimbang momen lain. Hujan meteor tahunan Piscis Austrinid ini akan berakhir pada 10 Agustus 2020.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Rhorom Priyatikanto mengatakan ujan meteor Piscis Austrinids bukan hujan meteor yang fenomenal. Sebab dia menyebut tidak banyak meteor yang tampak dalam fenomena itu.

"Beberapa situs komunitas pengamat meteor, seperti imo.net, amsmeteors.org tidak mencantumkan hujan meteor tersebut dalam kalender aktivitas terakhir," ujar Rhorom kepada CNNIndonesia.com.

Meski sedikit, dia mengatakan hujan meteor Piscis Austrinid tetap dapat diamati dari Indonesia mulai pukul 22.00 WIB.

"Dan (waktu) terbaik setelah tengah malam. Arah pancarnya dekat bintang terang Fomalhaut dari rasi Piscis Austrinus," ujarnya.

Saat dicek menggunakan aplikasi pelacak bintang seperti Google Sky Maps dan StarTracker, Rasi Piscis Austrinus ini bisa disaksikan di arah tenggara dekat dengan garis horizon atau ufuk.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]