Negara Ini Larang Penerbangan dari Indonesia dan Malaysia


Senin, 27 Juli 2020 - 22:28:54 WIB
Negara Ini Larang Penerbangan dari Indonesia dan Malaysia Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kamboja memutuskan melarang sementara kedatangan melalui penerbangan dari Indonesia dan Malaysia karena mendeteksi kasus infeksi baru virus corona (Covid-19) dari para penumpang pesawat.

Seperti dilansir New Straits Times yang mengutip Khmer Times, Senin (27/7), larangan kedatangan penerbangan itu ditetapkan mulai 1 Agustus mendatang. Keputusan itu ditetapkan dalam surat Kementerian Kesehatan Kamboja yang disampaikan kepada Perdana Menteri Kamboja Hun Sen pada Sabtu pekan lalu.

Larangan itu diusulkan setelah Kemenkes Kamboja menggelar rapat darurat membahas 23 kasus baru Covid-19 yang terdeteksi dari kedatangan warga mereka yang melakukan penerbangan dan singgah di negara lain.

Mereka mengusulkan supaya menerapkan larangan penerbangan dari Malaysia dan Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab mereka juga hendak menggelar Tahun Baru Khmer yang sudah ditunda pada 13 April sampai 17 Agustus.

Menurut laporan Khmer Times, petugas setempat mencatat ada 108 penumpang pesawat yang Malaysia dan Indonesia yang terdeteksi positif Covid-19.

Hun Sen menyetujui larangan terbang itu setelah menerima usulan dari Komite Covid-19 Kamboja.

Sebagian besar penumpang yang positif Covid-19 itu adalah warga Kamboja yang tiba dari Rusia dan Timur Tengah, dan singgah di negara lain.

Sejumlah warga Kamboja terjebak di Timur Tengah dan Rusia sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi.

Keputusan Kamboja melarang penerbangan dari Malaysia dilakukan sehari setelah Negeri Jiran menyatakan akan mempertimbangkan Kamboja akan dimasukkan ke dalam daftar negara yang bisa melakukan gelembung perjalanan.

Di sisi lain, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sudah melewati 100 ribu orang, dan paling tinggi di kawasan Asia Tenggara, serta berada di posisi keempat di Asia.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:11:52 WIB

    Korut Kembangkan Nuklir Mini, Negara-negara Ini Langsung 'Ngadu' ke PBB

    Korut Kembangkan Nuklir Mini, Negara-negara Ini Langsung 'Ngadu' ke PBB HARIANHALUAN.COM - Korea Utara kembali bikin gemoar publik. Pasalnya dari laporan rahasia mengungkapkan bahwa Korut tengah mengembangkan program nuklir mini yang membuat beberapa negara panik sampai mengadu ke PBB..
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:33:01 WIB

    Ledakan Lebanon, Arab Saudi dan Negara Teluk Sampaikan Dukungan

    Ledakan Lebanon, Arab Saudi dan Negara Teluk Sampaikan Dukungan HARIANHALUAN.COM - Setelah dua ledakan besar di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (4/8), Arab Saudi menyampaikan rasa prihatin. Kerajaan juga menyatakan belasungkawa dan simpatinya yang tulus kepada keluarga para korban dan m.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 21:34:10 WIB

    37 Negara Laporkan Kenaikan Kasus Positif Covid-19 

    37 Negara Laporkan Kenaikan Kasus Positif Covid-19  HARIANHALUAN.COM - Kasus positif virus Corona atau Covid-19 di sejumlah negara kembali mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dihimpun Reuters, tiga Minggu yang lalu, tercatat ada 7 negara yang melaporkan kenaikan. Namu.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 21:01:22 WIB

    Denda Rp 1,6 Juta Menanti, Jika tak Pakai Masker di Negara Ini

    Denda Rp 1,6 Juta Menanti, Jika tak Pakai Masker di Negara Ini HARIANHALUAN.COM - Kamu liburan ke tempat wisata Spanyol dan nggak pakai masker? Siap-siap saja disamperin polisi dan dikenakan hukuman denda sebesar 100 Euro (setara Rp 1,6 juta)..
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 19:07:45 WIB

    5 Negara yang Tidak Punya Laut, Tapi Memiliki Angkatan Laut

    5 Negara yang Tidak Punya Laut, Tapi Memiliki Angkatan Laut HARIANHALUAN.COM - Sebagian besar wilayah bumi memang diliputi oleh perairan berupa lautan yang membuat banyak negara di dunia memiliki wilayah yang tidak hanya daratan, tetapi juga lautan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]