Cara Jitu Agar Kesehatan Santri dan Anak Asrama Tetap Prima


Senin, 27 Juli 2020 - 23:56:44 WIB
Cara Jitu Agar Kesehatan Santri dan Anak Asrama Tetap Prima Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr Sri Rezeki Hadinegoro SpA(K) mengungkapkan, santri dan anak-anak asrama harus diperhatikan kesehatannya di masa pandemi seperti saat ini. Ia pun memberikan sejumlah anjuran agar santri dan anak asrama tetap sehat dalam mencari ilmu.

Menurut Sri, hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah penyediaan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Ia mengingatkan bahwa banyak penyakit yang datang karena air yang tak bersih.

"Air minum yang ada di asrama harus benar-benar bersih,” jelas Sri seraya merekomendasikan agar pesantren dan sekolah asrama tak buka dulu di masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Air yang tersedia pada sekolah pesantren dan asrama, termasuk air untuk wudhu, harus baik dan dijaga kebersihannya. Sebab, air wudhu digunakan pula untuk berkumur-kumur.

Upaya kedua adalah meningkatkan sanitasi perorangan dan lingkungan. Hal itu termasuk mencegah polusi dalam ruangan.

Pada saat di pesantren dan sekolah asrama, biasanya anak-anak menggunakan alat-alat makan bersama atau barang-barang lain secara bersama. Sri pun menyarankan hal itu perlu ditinjau ulang.

“Sebaiknya memiliki barang-barang itu sendiri, yang terpisah dengan milik teman-teman yang lain,” jelas Sri.

Upaya yang ketiga adalah pemberian imunisasi kepada anak-anak asrama atau santri. Hal itu ditujukan untuk mencegah penyakit dan penularan penyakit tertentu.

Selanjutnya, santri dan anak asrama diserukan untuk menghindari berkumpul dalam jumlah banyak. Hal tersebut termasuk menghindari pertemuan orang banyak di ruang belajar, ruang makan, ruang ibadah, dan ruang tidur di dalam asrama.

Ruangan-ruangan itu, menurut Sri, juga harus dihuni oleh sesedikit mungkin anak-anak dan menerapkan jaga jarak sosial. Dengan begitu, oksigenasi bisa terjaga di ruangan-ruangan tersebut.

“Ventilasi itu sangat penting. Pertukaran udara bagi anak-anak itu sangat penting untuk pertumbuhan otaknya. Jangan kotori dengan polusi ruangan, seperti asap rokok atau asap dari dapur,” jelas Sri.

Hal yang penting juga adalah hubungan antara pondok pesantren dan dinas kesehatan (dinkes) yang berada di tiap pemerintah daerah. Pemeliharaan kesehatan anak-anak asrama atau santri harus dipantau oleh Dinkes.

“Hal ini ditujukan agar bisa mendeteksi infeksi yang menular, sehingga penanganan pun bisa sesegera mungkin dan tidak sampai terlambat. Termasuk rujukan fasilitas kesehatan,” jelas dia.(*)

 

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:29:10 WIB

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa d.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:44:12 WIB

    Ilmuwan Berhasil Ungkap Cara Sperma Berenang Menuju ke Sel Telur

    Ilmuwan Berhasil Ungkap Cara Sperma Berenang Menuju ke Sel Telur HARIANHALUAN.COM – Sekelompok peneliti kesuburan pria dari University of Bristol, Inggris dan Universidad Nacional Autnoma de Mexico, Meksiko bikin heboh publik. Lantaran, mereka berhasil mengungkap bahwa cara sperma beren.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:51:05 WIB

    Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan

    Bunda, Ternyata Begini Lho Cara Mudah Menebak Jenis Kelamin Bayi Dikandungan HARIANHALUAN.COM - Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua mengenai jenis kelamin anak yang sedang dikandung olleh sang ibu. salah satu cara paling umum yang dilakukan biasanya adalah melihatnnya menggunakan ultraso.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:56:34 WIB

    Biar Daging Kurban Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Memasaknya

    Biar Daging Kurban Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Memasaknya HARIANHALUAN.COM – Hari Raya Idul Adha tiba, umat Muslim diseluruh penjuru dunia menyambutnya dengan suka cita. Tak lupa dengan hidangan serba daging. Nah, agar kamu tidak sehat setelah menyantap daging, ada sejumlah hal .
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 07:51:49 WIB

    Benarkah Berbicara Bisa Tularkan Corona?

    Benarkah Berbicara Bisa Tularkan Corona? HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan meyakini SARS-CoV-2, virus Corona penyebab COVID-19, bisa bertahan di udara dalam bentuk mikrodroplet yang keluar saat bernapas maupun berbicara. Yang belum bisa dipastikan adalah, apakah virus.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]