Apakah Berenang Bisa Tertular Covid-19? Ini Penjelasan dr. Michael


Selasa, 28 Juli 2020 - 06:08:14 WIB
Apakah Berenang Bisa Tertular Covid-19? Ini Penjelasan dr. Michael Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan, berenang itu sama dengan mandi sehingga baik untuk mencegah Covid-19.
 
"Bilamana mandi adalah salah satu cara untuk menghindari diri kita dari kemungkinan terinfeksi Covid-19 maka tidak jarang ada yang berharap “mandi” di kolam renang dapat membersihkan diri yang dilakukan bersamaan dengan berolahragan," ujar dr. Michael, baru-baru ini.

Menurut dr. Michael, bilamana berenang tersebut dilakukan di kolam renang pribadi dan dijamin tidak ada orang lain yang menggunakan kolam tersebut yang terinfeksi Covid-19 maka resiko mengalami penularan menjadi rendah.

"Namun bila hal tersebut dilakukan di kolam renang umum dan terlebih lagi jika tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik maka resiko terinfeksi menjadi besar. Dengan demikian pernyataan diatas adalah mitos," ujar dr. Michael.

Terkait, penggunaan kalung eucalyptus dapat menghindari penggunanya dari Covid-19, dr. Michael memaparkan, minyak eucalyptus memiliki manfaat untuk mengurangi gejala-gejala influenza, hidung tersumbat dan juga sebagai anti radang. Covid-19 juga memiliki gejala mirip dengan influenza, sumbatan saluran pernafasan berat yang tentunya sangat berbeda dari flu pada umumnya.

"Oleh sebab itu minyak eucalyptus mungkin dapat membantu meringankan gejala yang ada pada Covid namun tidak untuk mencegah ataupun menyembuhkannya. Dengan demikian pernyataan diatas adalah mitos," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 16:21:06 WIB

    Bagaimana Hukum Menghajikan Orang Tua yang Sudah Meninggal, Apakah Boleh?

    Bagaimana Hukum Menghajikan Orang Tua yang Sudah Meninggal, Apakah Boleh? HARIANHALUAN.COM - Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim untuk menunaikannya. Selain itu, ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Hal ini sesuai firman Allah SWT dalam Al-quran..
  • Senin, 20 Juli 2020 - 07:38:17 WIB

    Mengecat Kuku dengan Kutek dan Henna, Apakah Sah Wudhunya?

    Mengecat Kuku dengan Kutek dan Henna, Apakah Sah Wudhunya? HARIANHALUAN.COM - Mengecat kuku dengan kutek dan henna sudah jadi tren di kalangan perempuan. Tujuannya tentu saja untuk kecantikan. Terus, bagaimana kalau setelah mewarnai kuku dengan kutek atau henna lalu berwudhu. Apakah.
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 14:51:37 WIB

    CEK FAKTA: Cium Janda 1 Menit Bisa Perpanjang Umur 1 Tahun, Apakah Benar?

    CEK FAKTA: Cium Janda 1 Menit Bisa Perpanjang Umur 1 Tahun, Apakah Benar? HARIANHALUAN.COM - Beredar di media sosial artikel yang mengklaim kalau cium janda 1 menit bisa perpanjang umur. Artikel ini pun menjadi ramai sebagai perbincangan publik. Artikel tersebut dimuat di laman Suarapublik.site den.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:53:34 WIB

    Apakah Virus Covid-19 Bisa Hidup di Kosmetik?

    Apakah Virus Covid-19 Bisa Hidup di Kosmetik? HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 menimbulkan pertanyaan tentang apakah aman untuk terus menggunakan barang sehari-hari yang sama, seperti kosmetik. Kekhawatiran terkena Covid-19 melatari pertanyaan tersebut..
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 06:53:24 WIB

    5 Zodiak Ini Cenderung Jadi CEO Sukses, Apakah Kamu Termasuk?

    5 Zodiak Ini Cenderung Jadi CEO Sukses, Apakah Kamu Termasuk? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menjadi pemilik perusahaan atau mempunyai merek dagang ternama bisa jadi adalah jawaban anak muda ketika mereka ditanyai tentang cita-cita mereka. Perjalanan yang panjang, sulit, dan melelahkan te.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]