Membahagiakan Diri Sendiri Butuh Budget, Begini Cara Atur Keuangannya


Selasa, 28 Juli 2020 - 06:52:25 WIB
Membahagiakan Diri Sendiri Butuh Budget, Begini Cara Atur Keuangannya Ilustrasi pekerja kantoran

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perempuan ataupun para lelaki umumnya memiliki jatah dari simpanan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pribadi. 

Berbagai kebutuhan pribadi ini kerap disebut sebagai pencapaian diri sendiri atau disebut juga sebagai self love. Self love menurutnya adalah melakukan hal membahagiakan untuk diri sendiri tanpa pengaruh orang lain.

Melansir dari laman pribadi Prita Ghozie, Jakarta, Selasa (28/7/2020), berikut merupakan pembagian budget yang perlu disiapkan dalam hal pengeluaran self love:

1. Tentukan pengeluaran self love yang di perlukan

Ada 3 hal yang bisa dialokasikan untuk budgeting self love. Ketiga hal tersebut adalah Me Time, Shopping Time, dan Pampering Time.

Me time seperti nonton drama korea favorit, beli buku, atau sekadar solo traveling. Bisa juga shopping time ke butik favorit atau online shopping.

Terakhir, pampering time seperti beli skincare, perawatan ke salon, spa, ataupun ngegym. Nah, di antara hal yang telah disebutkan, pilih mana hal yang terpenting.

2. Alokasikan budget ideal dari gaji bulanan

Ada baiknya menentukan budget self love sedari awal. Persentase ideal yang disarankan untuk belanja kebutuhan pribadi adalah 5% hingga 10% dari penghasilan rutin bulanan. Jadi, ada alokasi budget sebesar Rp500 ribu – Rp1 juta setiap bulan untuk belanja kebutuhan pribadi, jika menerima penghasilan rutin Rp10 juta setiap bulan.

Alokasi tersebut bukan berarti harus dihabiskan setiap bulannya. Dapat juga mengumpulkannya terlebih dahulu untuk dibelanjakan di kemudian hari. Disarankan untuk memiliki dana belanja kebutuhan pribadi di rekening terpisah yang sering disebutkan oleh Prita dengan istilah “playing account”.

3. Manfaatkan fasilitas diskon dan potongan lainnya

Dengan jumlah dana yang sama, bisa jadi mendapatkan produk yang lebih banyak atau lebih berkualitas. Hal ini dimungkinkan jika pandai memanfaatkan fasilitas diskon atau cashback. Jangan lupa juga untuk menjadi anggota program loyalitas, agar pengumpulan poin hasil belanja dapat difungsikan sebagai tambahan diskon di kemudian hari.

4. Pay everything with cash

Membayar tunai bisa dengan bantuan kartu debit, e-wallet maupun uang kas. Usahakan tidak menggunakan pinjaman online untuk pengeluaran self love. Tidak mau kan kebahagiaan hilang akibat dikejar debt collector? (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]