Cara Mengetahui Siapa Saja yang Pakai Wi-Fi IndiHome Kamu, Gampang Banget


Selasa, 28 Juli 2020 - 07:03:02 WIB
Cara Mengetahui Siapa Saja yang Pakai Wi-Fi IndiHome Kamu, Gampang Banget Dok YT/Tutorial

HARIANHALUAN.COM - Bagi kalian yang menggunakan layanan Wi-Fi IndiHome dan sering mendapati koneksi internetnya lemot bahkan hingga sama sekali tak bergerak, jangan langsung berburuk sangka dengan layanan provider tersebut.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (28/7/2020), Karena lemotnya suatu koneksi internet pada Wi-Fi bisa jadi merupakan ulah pihak tak bertanggung jawab yang sengaja membobol Wi-Fi kalian agar bisa mendapatkan layanan internet tanpa harus keluar biaya.

Mirisnya, kebanyakan kasus pembobolan Wi-Fi pribadi semacam ini sebagian besar justru dilakukan oleh tetangga-tetangga sekitar atau bahkan teman dekatmu sendiri!

Nah, untuk itu, kalian perlu memeriksa detail siapa saja sih sebenarnya orang-orang yang menggunakan Wi-Fi pribadimu? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya agar Wi-Fi di kemudian hari tidak lagi dibobol orang tak bertanggung jawab?

Cari Tahu Siapa Saja yang Pakai Wi-Fi Kalian

Ada dua cara sederhana untuk bisa mengetahui siapa saja yang diam-diam menggunakan Wi-Fi kalian tanpa ijin. Cara yang pertama adalah menggunakan website router yang kalian gunakan. Caranya, masuk terlebih dulu ke home page router dan masukkan IP address kalian.

Setelah itu, login dengan menggunakan username dan password. Jika sudah, kalian bisa langsung mendapatkan informasi mengenai daftar nama device hingga IP address yang terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi yang kalian gunakan.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat membantu untuk mencari tahu siapa saja yang sedang menggunakan koneksi Wi-Fi kalian secara ‘ilegal’. Ada banyak aplikasi untuk Windows maupun Mac yang bisa digunakan untuk mengetahui para pencuri jaringan Wi-Fi. Selain menggunakan aplikasi untuk komputer, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi pendeteksi pengguna Wi-Fi langsung dari ponsel.

Bila setelah diperiksa kalian menemukan device atau IP address yang bukan milik kalian, waspadalah karena bisa jadi koneksi Wi-Fi IndiHome kalian telah dibobol orang lain.

Cara Mencegah Pembobolan Wi-Fi Indihome

1. Perkuat password

Salah satu cara paling ampuh untuk mengamankan koneksi Wi-Fi agar tidak mudah ditembus atau dibobol orang lain adalah dengan menggunakan password yang kuat dan unik.

Yang perlu diingat, jangan gunakan tanggal lahir kalian atau password yang mudah lainnya. Pilihlah password yang terbilang sulit diingat oleh orang lain, namun mudah diingat oleh kalian sendiri. Password yang kuat biasanya menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka.

2. Ganti SSID

Kalian juga bisa mengganti Service Set Identifier (SSID) jaringan agar koneksi Wi-Fi terbebas dari pembobol yang tidak bertanggung jawab.

Bagi yang belum tahu, SSID adalah nama dari jaringan Wi-Fi yang kalian gunakan. Nah, supaya Wi-Fi kalian tidak mudah dibobol, gunakanlah nama SSID Wi-Fi yang unik

3. Enkripsi WPA2

Gunakanlah enkripsi Wi-Fi Protected Access atau WPA2. Selain WPA 2, kalian juga bisa memakai enskripsi lain seperti WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA generasi sebelumnya.

Namun, untuk saat ini, Wi-Fi Protection Access 2 atau WPA2 adalah metode pengamanan jaringan yang dinilai paling aman untuk digunakan. Jadi, kalau tidak mau dibobol orang, pastikan koneksi Wi-Fi kalian sudah menggunakan standar pengamanan ini, ya.

4. Matikan WPS

Cara alternatif lainnya untuk mencegah jaringan Wi-Fi IndiHome yang kalian pakai dibobol orang adalah dengan mematikan fitur Wi-Fi Protected Setup atau WPS. WPS adalah sistem keamanan pada WiFi yang digunakan untuk menghubungkan router dengan HP atau laptop.

Penggunaan WPS bisa membuat seseorang membobol jaringan WiFi dengan menggunakan aplikasi secara mudah tanpa memasukkan password, lho. Jadi, sebaiknya matikan fitur Wi-Fi Protected Setup ini bila kalian ingin jaringan WiFi IndiHome tetap aman.

5. Block MAC Address

Last but not least, kalian bisa mem-filter Media Access Control Address atau MAC Address untuk melindungi agar jaringan Wi-Fi tidak dapat dibobol orang lain dengan mudah. MAC Address adalah alamat jaringan atau ‘kode unik’ yang umumnya ada pada device seperti laptop atau HP.

Kalian bisa mengontrol siapa saja yang masuk dan menggunakan jaringan Wi=Fi dengan mem-block MAC Address yang diinginkan agar sang pengguna tak dapat membobol jaringan Wi-Fi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]