Normalkah Jika Keluar Cairan dari Kuping saat Flu? Simak Penjelasannya


Selasa, 28 Juli 2020 - 07:36:19 WIB
Normalkah Jika Keluar Cairan dari Kuping saat Flu? Simak Penjelasannya dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah.

HARIANHALUAN.COM - Saat sedang flu dan pilek pasti kamu sering merasakan telinga berdenging atau merasakan telingan seolah-olah budeg. Sehingga mengeluarkan cairan dari hidung. Lantas, apakah hal tersebut normal?.

Menanggapi kondisi tersebut, dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah memberikan penjelasan.

Tanya: Dok, setiap flu dan pilek yang rada lama, pasti kuping ikut keluar cairan. Normal gak ya dok?

Jawab: Jadi rongga hidung itu memang berhubungan dengan liang telinga melalui satu kanal. Bila terjadi masalah di hidung, di dalam tuba atau kanal ini juga akan mengalami masalah yang bisa menyebabkan gangguan atau keluhan pada telinga. Misalnya, telinga terasa dengung, suara jadi tidak jelas terdengar.

Telinga sendiri dibagi menjadi tiga bagian, telinga bagian dalam, tengah dan bagian luar. Bagian liang telinga kita ini yang disebut telinga luar. Bila ada cairan di telinga luar diperiksakan sebaiknya ke dokter untuk mengetahui darimana cairan itu berasal. Apakah dari telinga luar saja, atau ada masalah dari telinga tengah yang akhirnya sampai pada telinga luar. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]