Polisi Tangkap Begal Motor Antar Provinsi di Dharmasraya


Selasa, 28 Juli 2020 - 08:12:59 WIB
Polisi Tangkap Begal Motor Antar Provinsi di Dharmasraya Tersangka Begal Sepeda Motor antar provinsi, MF(38), yang berhasil ditangkap Jajaran Satreskrim Polres Dharmasraya, Senin Malam ( 27/07). Foto Dok Humas Polres Dharmasraya.

HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Dharmasraya, Sumatera Barat, berhasil menangkap satu tersangka pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan, di Jalan Lintas Sumatera kilometer 201, Gunung Medan Kecamatan Sitiung, Senin (27/7) malam.

"Dari hasil penyidikan sementara, tersangka MF(38) tercatat sebagai warga dusun Teluk Singkawang Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi, adalah spesialis pencuri sepeda motor antar provinsi, " ungkap Kapolres setempat, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK, MT, di Dharmasraya, Selasa (28/7).

Ia menjelaskan, penangkapan ini bermula dari adanya laporan dari warga atas nama Fadli (15), yang mengaku satu unit sepeda motor miliknya, Honda Beat warna Merah Putih dengan nomor polisi BA 5252 VP, telah dirampas paksa oleh tersangka MF.

Menurut keterangan korban, lanjutnya, modus operandi pelaku pada mulanya minta diantarkan ke kawasan Simpang IV Gunung Medan, saat korban sedang berkumpul-kumpul bersama teman-temannya di depan Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) Umega.

"Korban pun bersedia mengantarkan pelaku, namun ketika sampai ditujuan awal pelaku pun kembali meminta diantarkan ke tempat lain yang kemungkinan adalah modus pelaku untuk mencari lokasi yang sepi untuk menjalankan aksi kejahatannya," terang Kapolres.

Kemudian, lanjutnya, pelaku pun berusaha mencekik leher korban dari belakang hingga laju sepeda motor yang dikendarainya tidak terkendali dan akhirnya terjatuh.

"Pelaku pun segera berdiri dan berusaha mendorong korban ke sebuah parit tak jauh dari lokasi tersebut, dan mencoba membawa kabur sepeda motor milik korban," ulasnya.

Kasat Reskrim Polres setempat, AKP Suyanto SH, menambahkan, korban pun berusaha melawan dengan menarik kembali sepeda motor miliknya sambil berteriak minta tolong.

"Tersangka mencoba kabur dengan cara lari ke semak-semak dan sesaat setelah menerima informasi tersebut, petugas polisi langsung bergerak cepat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama masyarakat setempat," jelasnya.

Tidak berselang lama, tuturnya, petugas pun berhasil menangkap pelaku dan saat ini sudah ditahan bersama barang bukti sepeda motor milik masyarakat itu, guna penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan dengan modus seperti ini, jika mengetahui atau memiliki informasi tentang adanya gerak gerik mencurigakan dari seseorang, agar segera melaporkannya ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]