Bandara King Abdulaziz Sepi dari Hiruk Pikuk Jamaah Haji, Pertama dalam 40 Tahun Terakhir


Selasa, 28 Juli 2020 - 08:16:10 WIB
Bandara King Abdulaziz Sepi dari Hiruk Pikuk Jamaah Haji, Pertama dalam 40 Tahun Terakhir Bandara King Abdulaziz di Kota Jeddah, Arab Saudi

HARIANHALUAN.COM - Pertama kali dalam kurun 40 tahun terakhir,  terminal haji Bandara Internasional King Abdulaziz di Kota Jeddah, Arab Saudi, sepi dari deru pesawat yang hilir mudik mengangkut jamaah haji dari berbagai penjuru dunia. 

Terminal Haji, yang tersebar di area seluas 510.000 meter persegi itu adalah terminal terbesar keempat di dunia. Sampai musim haji terakhir, terminal menerima lebih dari 1.500 penerbangan terjadwal membawa lebih dari 1,8 juta peziarah, datang ke kota suci Makkah dan Madinah dari seluruh dunia selama musim haji.

Melansir laman Saudigazette, Selasa (28/7/2020), terminal utara ini dilengkapi fasilitas teknologi tinggi untuk menerima peziarah serta menyelesaikan prosedur imigrasi dan penyaringan masuk.

Bangunan berventilasi alami ini diatapi oleh 210 unit atap fiberglass semi-kerucut, dilapisi teflon yang ditempatkan dalam 10 modul. Setiap modul terdiri dari 21 tenda kain fiberglass berlapis teflon berwarna putih yang ditangguhkan dari tiang. Kompleks ini berisi fasilitas untuk tidur, persiapan makanan, dan berbagai layanan pendukung.

Pembangunan tahap pertama terminal haji selesai pada tahun 1981 dan menjadi sepenuhnya beroperasi pada tahun 1982. Area lounge peziarah tersebar di area seluas 400 ribu meter persegi, dan mengakomodasi hampir 3.800 peziarah yang datang dan 3.500 peziarah yang berangkat dalam sebuah jam.

Lounge tunggu mampu menampung 7.000 penumpang di ruang kedatangan dan 12.000 di area di luar ruang tunggu. Lounge-lounge yang sangat canggih dapat menampung lebih dari 91.000 peziarah yang tiba dan 84.000 peziarah yang berangkat dalam sehari.

Lounge juga dapat menampung 312 perjalanan dengan rata-rata 13 perjalanan per jam, dan komplek ini juga mencakup 123 kamar hotel.

Kompleks terminal ini memiliki luas total 90.000 meter persegi, dan area plaza luar di bawah tenda memiliki luas 140.000 meter persegi dan melayani sekitar satu juta peziarah haji dan sekitar 9 juta peziarah umrah setiap tahun. Kompleks ini mencakup 18 lounge perjalanan, dan 10 aerobridges, termasuk aerobridge untuk pesawat berat Airbus 380 A.

Pada Agustus 2015, ruang tunggu jamaah haji telah mengalami pengembangan besar-besaran, yang berkontribusi pada peningkatan efisiensi operasinya, meningkatkan kapasitas dan meningkatkan tingkat layanan umum dengan durasi prosedur perjalanan yang berkurang hingga catatan waktu 45 menit. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]