Hadapi Covid-19, STIKES Alifah Padang Adakan Kuliah Pakar Prodi Kesmas


Selasa, 28 Juli 2020 - 10:15:46 WIB
Hadapi Covid-19, STIKES Alifah Padang Adakan Kuliah Pakar Prodi Kesmas Kuliah online Stikes Alifah Padang.

HARIANHALUAN.COM - Menghadapi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, tenaga kesehatan dituntut untuk bisa menjadi garda terdepan dan dapat profesional dalam menjalankan pekerjaan. Selain itu, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kesehatan juga disiapkan untuk menghadapi pandemi tersebut.

Oleh karena itu, STIKES Alifah Padang yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman No 56B Kelurahan Ulak Karang, Kota Padang ini mengadakan kuliah online pada Selasa (28/7) dengan pemateri yang berasal dari Ketua Umum PPPKMI yang juga salah seorang dosen FKM Universitas Indonesia.

Kuliah online tersebut dilakukan melalui aplikasi Zoom dan live di chanel YouTube STIKES Alifah Padang yang diikuti seluruh mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan tersebut mengusung tema "Peran Promotor Kesehatan dalam Komunikasi Perubahan Perilaku di Era New Normal" dimulai dari pukul 09.00 - 11.00 WIB.

Sebagai pemateri, Dr Dra Rita Damayanti, MSPH pada pembukaannya mengatakan bagaimana peran tenaga kesehatan dalam memberikan penyuluhan ke masyarakat terkait Covid-19 yang sedang terjadi. Ia pada kesempatan itu menerangkan mengenai apa itu PPPKMI, standar kompetensi Tenaga Promosi Kesehatan, pandemi yang sedang terjadi, strategi komunikasi, hingga peran Puskesmas sebagai garda terdepan.

"Tenaga kesehatan sendiri pada UU No 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan Pasal 11 mengatakan epidemologi kesehatan, tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku, pembimbing kesehatan kerja, tenaga administrasi dan kebijakan kesehatan tenaga biostatistik dan kependudukan, serta tenaga kesehatan reproduksi dan keluarga," katanya.

Selain itu dosen FKM UI tersebut juga menerangkan mengenai siapa tenaga promosi kesehatan tersebut. Ia menjelaskan tenaga Promkes tersebut termasuk semua lulusan FKM yang lulus uji kompetensi diakui memiliki kemampuan promkes standar. Di sana juga termasuk untuk mendapatkan STR minimal bekerja 1 tahun di bidang promkes atau persyaratan lainnya. Kemudian peminatan PKIP diakui kemampuan untuk langsung mendapatkan TSR.

"Kemudian juga semua lulusan D4 Promkes yang lulus uji kompetensi," jelasnya.

Kegiatan kuliah online tersebut diharapkan nantinya dapat membantu mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Alifah Padang untuk menjadi Promkes yang profesional dan dapat memberikan menjadi tenaga kesehatan yang siap kerja. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:04:59 WIB

    Hadapi Tantangan Industri 4.0, Politeknik ATI Padang akan Gelar Webinar

    Hadapi Tantangan Industri 4.0, Politeknik ATI Padang akan Gelar Webinar HARIANHALUAN.COM - Setelah beberapa bulan menjalani kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19 dan kini memasuki masa transisi new normal yang mana proses perkuliahan sudah mulai berjalan dengan tetap mengikuti protokol keseh.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 20:08:43 WIB

    Hadapi Tantangan Global, PNP Buka Program S2 Magister Terapan

    Hadapi Tantangan Global, PNP Buka Program S2 Magister Terapan HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka program Pascasarjana (S-2) Terapan untuk menjawab tantangan zaman. Program Studi Magister Terapan ini diterapkan dengan menggunakan model yang berbasis pada Rekayasa .
  • Senin, 10 Februari 2020 - 16:53:34 WIB

    Ciptakan SDM Unggul, Politeknik Negeri Padang Siap Bersaing Hadapi Tantangan Dunia Industri

    Ciptakan SDM Unggul, Politeknik Negeri Padang Siap Bersaing Hadapi Tantangan Dunia Industri PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengatakan, saat ini pendidikan vokasi yang dijalankan oleh SMK, poletiknik, dan perguruan tinggi lainnya bertujuan untuk menghasilkan sumber d.
  • Selasa, 31 Januari 2017 - 11:29:11 WIB

    PSP Padang Matangkan Persiapan Hadapi Linus

    PSP Padang Matangkan Persiapan Hadapi Linus PADANG, HALUAN—Setelah memastikan memilih 17 pemain dari 37 pemain yang mnegikuti seleksi, PSP Padang terus melakukan persiapan untuk menghadapi Liga Nusantara (Linus) 2017. Salah satu program dari tim PSP Padang yang dilat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]