Tak Serahkan Bukti Dukungan, Ramal Saleh-Rustam Gagal Maju Jalur Perseorangan


Selasa, 28 Juli 2020 - 11:09:39 WIB
Tak Serahkan Bukti Dukungan, Ramal Saleh-Rustam Gagal Maju Jalur Perseorangan Komisioner KPU Padang Pariaman, Ory Sativa Syakban (pakai peci) saat monitoring verifikasi faktual dilakukan jajaran KPU Padang Pariaman.

HARIANHALUAN.COM - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Padang Pariaman, Ramal Saleh-Rustam jalur perseorangan (independen) Pilkada Padang Pariaman dinyatakan gagal. Pasalnya Bapaslon itu tidak menyerahkan perbaikan bukti dukungan hingga waktu yang ditentukan.

"Hingga pukul 00.00 WIB tadi malam yang bersangkutan tidak menyerahkan perbaikan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman," kata Komisioner KPU Padang Pariaman, Ory Sativa Syakban di Padang Pariaman, Selasa (28/7).

Ia menyampaikan, berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh jajaran KPU Padang Pariaman, Pasangan Ramal Saleh-Rustam harus menyerahkan sebayak 37.444 bukti dukungan, jumlah itu merupakan dua kali lipat kekurangan dukungannya.

"Setelah verifikasi faktual ditemukan kekurangan dukungan sebanyak 18.722. Sesuai dengan aturanya, dimasa perbaikan harus menyerahkan dua kali banyak kekurangan yang ada," kata Ory.

Lebih lanjut disampaikan, awalnya pasangan calon tersebut teleh menyerahkan dukungan kepada KPU sebanyak 31.181. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh KPU padang Pariaman ditetapkan 30.303 dukungan yang memenuhi syarat.

"Dari hasil verivikasi administrasi yang memenuhi syarat hanya 28.689, dan jumlah itu dilakukan verifikasi faktual," katanya.

Ory menyampaikan, stelah dilakukan verifikasi faktual dari semua dukungan itu hanya 7.967 yang dinyatakan memenuhi syarat. Sehingga bakal calon tersebut harus memenuhi kekurangan dukungan itu sampai pukul 00.00 WIB tanggal 27 Juli 2020.

"Awalnya memang tim LO telah memberi sinyal tidak memenuhi kekurangan itu, tetapi belum pernyataan daru pasangan calon. Sesuai dengan aturan kita juga harus menunggu sampai batas waktu yang telah ditentukan," katanya. (*)

loading...
Reporter : Yuhendra /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]