59 Sekolah di Solsel Dapat Suntikan Pusat Masing-masing Rp60 Juta


Selasa, 28 Juli 2020 - 11:44:13 WIB
59 Sekolah di Solsel Dapat Suntikan Pusat Masing-masing Rp60 Juta Sosialisasi sekolah penerima BOS Afirmasi dan Kinerja.

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 59 sekolah di kabupaten Solok Selatan (Solsel) memperoleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solsel, Novrizon didampingi Sekretaris Asniati pada Harianhaluan.com, pada Senin (27/7/2020).

"BOS Afirmasi dan Kinerja berbeda dengan BOS reguler namun mekanisme penggunaan tetap mengacu pada juknis BOS reguler," katanya saat sosialisasi di SMPN 2 Solsel.

Menurutnya, tiap sekolah yang mendapatkan BOS Afirmasi dan Kinerja mendapatkan alokasi dana sebesar Rp60 juta/tahun di 2020.

Rincian sekolah penerima BOS Afirmasi di Solsel yakni, untuk jenjang SD 20 sekolah, SMP 12 sekolah dan SMA sebanyak 2 sekolah sehingga totalnya 34 sekolah.

Untuk sekolah penerima BOS Kinerja yakni, SD 7 sekolah, SMP 11 sekolah dan SMA/SMK sebanyak 7 sekolah sehingga totalnya 25 sekolah.

"Kriteria sekolah penerima bantuan BOS Afirmasi berdasarkan penilaian dari pihak Kementerian Pendidikan. Dimana pihak kementerian sudah menunjuk sekolah yang berada di daerah khusus yang di SK-kan. Kita di daerah tidak bisa melakukan intervensi untuk sekolah penerima ini," katanya.

Sedangkan untuk BOS Kinerja berdasarkan laporan tahunan sekolah terkait mutu sekolah yang dilaporkan ke LPMP. "Jadi tergantung laporan kinerja sekolah. Sedangkan, untuk BOS Afirmasi berdasarkan penilaian kementerian dimana dipandang sebagai sekolah diwilayah pelosok," bebernya.

Pihaknya merasa bersyukur karena pihak pemerintah pusat telah mempercaya Solsel dalam rangka memajukan pendidikan. "Harapannya kepada sekolah penerima bantuan ini bisa mempergunakan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku, agar tidak menjadi persoalan kedepannya," katanya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 19:48:34 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Ibnu Jannah Painan Wisuda 59 Santri

    Rumah Tahfidz Quran Ibnu Jannah Painan Wisuda 59 Santri PAINAN,HARIANHALUAN. COM - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) H Hendrajoni mengajak  para Santri agar bisa hafal Al Quran. Hal tersebut disampaikannya  pada saat menghadiri wisuda 59 orang Santri rumah Tahfidz Quran Ibnu Janna.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]