Imbauan MUI: Penyembelihan Kurban Sebaiknya Dilakukan di Rumah Potong Hewan


Selasa, 28 Juli 2020 - 13:34:04 WIB
Imbauan MUI: Penyembelihan Kurban Sebaiknya Dilakukan di Rumah Potong Hewan Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh

HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia mengimbau agar penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah potong hewan saja. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni'am Sholeh di Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

"Iya, sebaiknya dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk meminimalisir potensi penularan covid-19," sebutnya. 

Asrorun juga mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan masyarakat saat dilakukannya penyembelihan hewan kurban. 

“Tetapi karena ada masalah, untuk kepentingan kemaslahatan yang lebih besar kita hindari kerumunan. Hanya orang yang memiliki keahlian, yang orang yang memiliki kebutuhan langsung di dalam proses penyembelihan yang hadir. Sebaiknya dilokalisir di Rumah Potong Hewan yang terjamin aspek syar’i-nya,” tuturnya.

Meskipun, lanjut Asrorun, bahwa sifat kurban disunnahkan untuk menyembelih sendiri. Tetapi jika karena ada satu dan lain hal karena kondisi kesehatan, maka bisa dilaksanakan oleh orang yang memiliki kompetensi. “Kita wakilkan penyembelihan kepada orang yang memiliki keahlian,” tegasnya.

Sementara, jika dalam hal pelaksanaan tidak mampu bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan karena persoalan kapasitas. Maka, tambah Asrorun, bisa dilaksanakan di tempat-tempat biasa tetapi harus dipastikan protokol kesehatan jalan terus. (*)

loading...
 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]