KPU Sumbar Nyatakan Bapaslon Fakhrizal-Genius Umar Gagal Maju Jalur Independen


Selasa, 28 Juli 2020 - 14:32:49 WIB
KPU Sumbar Nyatakan Bapaslon Fakhrizal-Genius Umar Gagal Maju Jalur Independen Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Izwaryani. (Ist)

HARIANHALUAN.COM - Pasangan Fakhrizal-Genius Umar dinyatakan gagal maju melalui perseorangan, hal itu dikarenakan pasangan calon tersebut tidak menyerahkan syarat dukungan perbaikan hingga batas waktu yang diberikan yakni pukul 24.00 WIB, Senin (27/7/2020) malam, ke KPU Sumbar.

"Dengan begitu, pasangan calon tersebut dinyatakan gugur maju dari jalur perseorangan," ujar Komisioner KPU Sumatera Barat Izwaryani, Selasa (28/7/2020).

Ditambahkannya, pihaknya telah memberikan waktu untuk melengkapi dukungan persyaratan yang kurang. Namun hingga yang telah diberikan, yang bersangkutan tidak mendatangi KPU.

"Pasangan tidak menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 371.568 dukungan perbaikan. Jumlah itu berasal dari jumlah kekurangan dari batas minimal dikalikan dua sesuai aturan PKPU," ujarnya.

Kemudian terkait adanya laporan pasangan Fakhrizal-Genius Umar ke Badang Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumbar, pihaknya siap memberikan keterangan jika ada pemanggilan.

Sementara diketahui, dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Verifikasi Faktual pasangan perseorangan Fakhrizal-Genius Umar hanya 130.258 dukungan. Jumlah itu kurang 185.793 dukungan dari total batas minimal 316.051 dukungan agar lolos tahapan verifikasi faktual.

"Terkait surat format B 5.1 KWK yang regulasinya adalah dari KPU RI. Kemudian hal tersebut sempat dipertanyakan pasangan calon tersebut. Kemudian kami telah memberikan jawaban, namun mereka tidak menerima," pungkasnya. (*)

 

 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]