Segini Total Tambahan Anggaran Pendidikan dan Kesehatan dari Pemerintah


Selasa, 28 Juli 2020 - 14:37:36 WIB
Segini Total Tambahan Anggaran Pendidikan dan Kesehatan dari Pemerintah Menteri Keuangan Sri Mulyani

HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan mematok angka defisit dalam Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2021 sebesar 5,2% dari produk domestik bruto (PDB). Angka defisit yang diputuskan pemerintah bertambah dari yang sebelumnya disepakati antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di rentang 3,21% hingga 4,17% dari PDB.

Pelebaran defisit berimbas adanya tambahan belanja di sejumlah pos anggaran. Tak terkecuali alokasi untuk anggaran pendidikan dan kesehatan yang dipastikan akan lebih besar dari biasanya.

"Pendidikan dan kesehatan karena dengan defisit naik ada anggaran yang mandatory," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (28/7/2020).

Sesuai peraturan perundang-undangan, alokasi anggaran pendidikan dalam APBN harus dialokasikan sebesar 20% dari total anggaran. Sementara itu, alokasi anggaran pendidikan sebesar 5%.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan bahwa akan ada kenaikan alokasi anggaran untuk sektor pendidikan dan kesehatan pada tahun fiskal 2021 mendatang.

"Kita gunakan untuk memperbaiki karena tambahan dana cadangan pendidikan lebih dari Rp 30 triliun dan kesehatan tambahan ada Rp 9 triliun karena tambahan defisit ini," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]