BLT Diusulkan Naik Jadi Rp1 juta Per Keluarga


Selasa, 28 Juli 2020 - 14:48:37 WIB
BLT Diusulkan Naik Jadi Rp1 juta Per Keluarga Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri

HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengusulkan agar pemerintah menambah nilai bantuan langsung tunai (BLT) menjadi Rp1 juta per keluarga. Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah juga memperluas cakupan penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

"BLT coverage-nya jangan hanya yang miskin harus bisa diperluas dan nilai nya Rp 1 juta," kata dia dalam webinar bertajuk Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa (28/7/2020).

Hal ini dikatakan Chatib mengingat masih banyaknya keluarga miskin di penjuru wilayah Indonesia yang belum tersentuh manfaat BLT. Pihaknya mencatat setidaknya saat ini ada 30 juta rumah tangga miskin yang tengah dihadapkan pada kondisi sulit akibat pandemi ini.

Di sisi lain, BLT merupakan bantuan sosial (bansos) yang lebih fleksibel untuk dicairkan masyarakat. "Kenapa saat pesta perkawinan di kasih uang? karena yang paling gampang cash transfer," jelas dia.

Bantuan uang tunai ini diyakini dapat lebih mudah diawasi penyalurannya berbeda dengan jenis bansos lainnya. "BLT ini tidak ada titipan, beda dengan bansos bahan sembako," contoh dia.

Selain itu, ia juga mengusulkan agar paket bantuan berupa insentif pajak dialihkan untuk BLT ataupun lembaga keuangan lainnya. Apalagi mayoritas perusahaan menunggak pajak sebab terhentinya aktivitas produksi dan turunnya permintaan.

Maka dari itu, mengalokasikan ke BLT ataupun penjaminan kredit dan subsidi bunga diyakini dapat memperbaiki daya beli masyarakat. Sehingga geliat pasar dalam negeri dapat pukih secara bertahap.

"Nah, kalau sudah selesai baru diberikan paket insentif pajak. Setelah permintaan ada, ekspansi moneter bisa mengambil alih," tukasnya. (*)

loading...
 Sumber : Liputan6.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]