Kisah Faldo Maldini Saat Merantau ke Eropa, Sering Menangis Ingat Orang Tua


Selasa, 28 Juli 2020 - 15:23:09 WIB
Kisah Faldo Maldini Saat Merantau ke Eropa, Sering Menangis Ingat Orang Tua Faldo Maldini

HARIANHALUAN.COM - Bakal calon Gubernur Sumatra Barat, Faldo Maldini sempat merasakan kesulitan hidup di tanah Eropa. Melanjutkan pendidikan di luar negeri di mana Faldo belum pernah menginjakan kaki di Inggris. 

"Musim dingin menusuk tulang. Saya lahir di Padang, orang tua asal Pessel. Tidak akrab sama dingin. Saya harus minum obat alergi dingin terus. Badan saya bengkak-bengkak kalau tidak minum. Makanan sudah pasti tidak enak. Saya sering seminggu cuma makan roti saja, namanya juga uang beasiswa terbatas, harus bantu-bantu rumah juga. Apalagi, kondisi ekonomi keluarga kami tidak terlalu baik ketika itu. Adik saya dua kuliah, satu di Unand, satu lagi di UGM," kata Faldo, Selasa (28/7).

Alumnus FMIPA UI ini bercerita tentang rasa cemas tiba-tiba muncul di hatinya. Terlebih, dia sering kali menemani mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tertimpa kemalangan dan musibah.

"Kita semua jauh dari rumah. Kalau dengar orang tua teman sakit, apalagi meninggal. Perasaan langsung campur aduk. Seperti menunggu giliran. Akhirnya, hanya bisa berdoa di setiap habis shalat untuk orang tua, agar selalu sehat dan bahagia," tambahnya.

Faldo Maldini mengaku tidak jarang menitikan air mata. Dia sering kali mengingat orang tuanya di sela-sela kesibukannya berkuliah di Imperial College London.

"Kadang, saya sendiri. Air mata keluar sendiri. Biasanya, larinya ke dalam. Kalau habis shalat, duduk sendiri kalau tidak ada lab atau kuliah, saya bisa menangis. Ingat orang tua, mama saya nyanyi-nyanyiin saya tidur waktu kecil. Sampai sekarang, mama masih suapin saya makan. Waktu saya kuliah, teknologi belum seperti sekarang. Belum bisa video-video call sebebas sekarang. Mama saya saja belum pakai WA. Saya tidak tahan juga kalau sudah kangen. Ya, laki-laki tidak perlu malu menangis," tutup Faldo.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]