Nagari Koto Tinggi Juara 1 Penilaian HKSR-Gizi 


Selasa, 28 Juli 2020 - 15:37:57 WIB
Nagari Koto Tinggi Juara 1 Penilaian HKSR-Gizi  Zoom bersama LP2M Padang dalam acara pemilih dan pemberian award kepada Nagari Peduli Hak Kesahatan Seksual Reproduksi-Gizi (HKSR-Gizi), Selasa (28/7).

HARIANHALUAN.COM - Nagari Koto Tinggi Padang Pariaman, berhasil menjadi yang pertama dalam pemilih dan pemberian award kepada Nagari Peduli Hak Kesahatan Seksual Reproduksi-Gizi (HKSR-Gizi). Kegiatan ini diselenggarakan oleh LP2M Padang melalui media Zoom, Selasa (28/7).

"Di peringkat tiga ada Nagari Lubuk Jantan, dari Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar dengan nilai 2760, di peringkat kedua ada Nagari Tanjuang Bonai, Kabupaten Tanah Datar, dengan nilai 2763, sedangkan peringkat pertama berhasil diraih oleh Nagari Koto Tinggi, Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai 3145," Ujar Rahmadaniati.

Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Rahmadaniati mengatakan, Program HKSR sudah dijalankan oleh tiga Kabupaten/Kota yang menjadi binaan LP2M sejak tahun 2015 yang lalu hingga sekarang. Diantaranya adalah, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang. 

"Untuk penilaian kali akan dinilai lima Nagari/Lurah dari 15 nagari/Lurah yang menjadi binaan LP2M. Penilaian tersebut nantinya, akan dinilai oleh tiga juri  dari instansi terkait yang telah ditentukan LP2M," Ujarnya lagi

Rahmadaniati juga mengatakan, meski di bulan Agustus 2020 ini pendampingan LP2M  terhadap program HKSR-Gizi bersakhir. Pihaknya berharap, seluruh kegiatan yang dilaksanakan disetiap nagari tersebut akan tetap jalan dan semakin berkembang. 

"Meski kami tidak mendampingi secara total ataupun dengan dukungan dana lagi. Selain itu, tujuan dari acara tersebut guna melihat sejauh mana nagari tersebut dalam melaksanakan program HKSR-Gizi di tengah-tengah masyarakatnya," Ujar Rahmadiniati.

Ia juga berharap kedepannya, agar pemerintah setempat agar lebih memperhatikan isu dari Hak Kesahatan Seksual Reproduksi-Gizi (HKSR-Gizi) ini. "Saya harap dimusim Pilkada ini semua Calon Bupati/Wali Kota maupun Gurbernur juga memasukan program HKSR-Gizi ini dalam visi misinya," Ujar Rahmadiniati.

Sementara itu, Hendri Wali Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Enam Lingkung Padang Pariaman, sangat bersyukur sekali dengan apa yang diraih Nagari Koto Tinggi ini. Mengingat peserta penilaian HKSR-Gizi yang diselenggarakan oleh LP2M itu merupakan tingkat Provinsi Sumatera barat.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas prestasi yang kami raih. InsyAllah kedepannya kami akan selalu tingkatkan terkait HKSR-Gizi ini. Karena menurut saya pribadi ini merupakan kebutuhan masyarakat itu sendiri," ujarnya. 

Hendri juga mengatakan, nagarinya sangat memperhatikan tentang program HKSR-Gizi ini. Dengan menjalin kerja sama dengan instansi terkait, Dimana ada KUA, Puskesmas dan Pihak Kecamatan. 

"Tahun 2019 lalu, untuk mendukung program HKSR-Gizi Rp.16 juta, sedengkan di 2020 kami telah menganggarkan Rp. 50 Juta," Ujar Hendri. (*)

 

loading...
Reporter : khairudin /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]