Pulang dari Kalimantan, Karyawan BUMN Terdeteksi Positif Covid-19 di Sawahlunto


Selasa, 28 Juli 2020 - 17:08:12 WIB
Pulang dari Kalimantan, Karyawan BUMN Terdeteksi Positif Covid-19 di Sawahlunto Sekretaris Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid - 19 Kota Sawahlunto, Adriyusman. RIKI YUHERMAN

HARIANHALUAN.COM - Niat hati ingin merayakan Idul Adha di kampung halaman, ternyata tuan S (55)  warga Tangsi Baru Kelurahan Tanah Lapang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto terdeteksi positif Virus Covid - 19. S merupakan karyawan aktif salah satu BUMN ,yang bertugas Kalimantan, dan saat ini telah dibawa ke Padang.

Sekretaris gugus tugas percepatan penanganan Covid - 19 Kota Sawahlunto, Adriyusman menuturkan, tuan S ini sudah sepuluh hari di Sawahlunto, pulang dengan mengambil cuti untuk merayakan Raya Idul Adha. 
"Tuan S ini terdeteksi Positif Covid- 19, setelah diperiksa di RSUD Sawahlunto karena ada gangguan kesehatan. Karena kecurigaan berasal dari luar Sawahlunto, maka S dilakukan swab pada hari Jumat (24/7) dan hasilnya keluar pada Senin (27/7) dengan dinyatakan positif," ujar Adriyusman, Selasa (28/7).

Selanjutnya tim gugus tugas bergerak dengan langsung membawa korban ke Padang serta melakukan tracking dengan 7 orang keluarga dan tetangganya ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sungai Durian untuk di karantina dan dilakukan Swab.
"Kita menunggu hasil swabnya besok (Rabu 29/7, red). Jika positif, akan dilakukan penelusuran riwayat perjalan dan kontak yang bersangkutan. Selanjutnya akan ditracking keseluruhan yang bersentuhan dengan yang bersangkutan berserta keluarga dan tetangganya," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan ini Adriyusman berharap, sertiap orang yang melakukan perjalanan luar daerah kelaura ataupun masuk ke Sawahlunto, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Lakukan isolasi mandiri dan melapor kepada petugas kesehatan sehingga dapat dipantau dan tidak membuat resah masyarakat lainnya. Kepada aparatur desa dan kelurahan juga diimbau agar lebih pro aktif terhadap lalulintas warga antar daerah, sehingga penyebaran virus Covid ini dapat dideteksi sedari dini, saat orang tersebut datang ke kota ini.

"Jangan terlalu takut akan Covid ini, akan tetapi jangan anggap remeh dan lengah. Sekali lengah akibatnya fatal dan membuat takit dan resah masyarakat yang ada. Sampai kejelasan mengenai warha terkena Covid yang telah durawat dan juga hasil tracking keliarga dan tetangga yang bersangkutan, gugus tugas membuka kesempatan untuk warga disekitar cluster melakukan tes swab di BDTBT. (*)


 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]