Tingkatkan Produktivitas, Bupati Hendrajoni Panen Padi Bersama di Sungai Sirah


Selasa, 28 Juli 2020 - 19:41:30 WIB
Tingkatkan Produktivitas, Bupati Hendrajoni Panen Padi Bersama di Sungai Sirah Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni  melakukan panen padi bersama di Demplot Padi IPDMIP  (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) di Lunang Pessel. (M. Joni)

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan,Hendrajoni melakukan panen bersama di Demplot Padi IPDMIP (Integrated Participatory Developmentand Management of Irrigation Program) Daerah Irigasi Sungai Sirah, Bukit Tapus, Nagari Pondok Parian Lunang, Kecamatan Lunang Pessel, Selasa (28/7/2020).

Panen padi bersama tersebut diikuti Wakil Ketua DPRD Hakimin, Asiaten II Mimin Riarty Zainul, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Nuzirwan, Camat Lunang Lyonica Ventira dan para kepala perangkat daerah serta undangan lainnya. Bupati Hendrajoni mengingatkan masyarakat agar  produktivitas hasil pertanian terus ditingkat di Kabupaten Pesisir Selatan terus, meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

Peningkatan hasil produksi pertanian di Pesisir Selatan diharapkan mampu menggerakan perekonomian para petani dan hasil produksi sektor lain, seperti, jasa dan perdagangan mengalami stagnan. Pemda Pesisir Selatan merasa optimis pada tahun 2020 ini hasil pertanian mampu melampaui target  sebesar 306. 530 ton. 

"Sedangkan, terealisasi sampai Juni 2020 sebesar 229.414 ton (5,2 ton perhektar). Diperkirakan, tahun ini produksi padi Pesisir Selatan, mencapai angka 400 ribu ton," kata bupati. 

Menurutnya, para petani usai panen agar kembali turun ke sawah menggarap lahannya, dan jangan biarkan lahan yang tersedia tidak produktif artinya, bila lahannya tidak tersedia air yang cukup lahan tersebut agar dapat ditanam palawija yaitu, padi, jagung, kacang-kacangan dan lainnya. Hal tersebut, kata bupati, merupakan strategi Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. 

"Bagi para petani setelah panen pada lahan tadah hujan diminta agar hasil pertanian maupun palawija supaya  mencadangkan untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]