Danrem 032/Wirabraja Ingatkan Prajurit TNI Jangan Terlibat Tambang Liar


Selasa, 28 Juli 2020 - 21:20:33 WIB
Danrem 032/Wirabraja Ingatkan Prajurit TNI Jangan Terlibat Tambang Liar Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja, Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada, saat kegiatan kunjungan kerja ke Markas Komando Distrik Militer/Sijunjung Sawahlunto Dharmasraya (Kodim 0310/SSD), Selasa (28/7/2020).

HARIANHALUAN.COM - Komandan Resor Militer (Danrem) 032/Wirabraja, Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada, memerintahkan kepada seluruh prajurit jajaran Komando Resor Militer (Korem) daerah itu agar tidak terlibat praktik penambangan dan pembalakan liar. 

"Semua prajurit jika terbukti menambang secara liar, terlibat penyalahgunaan narkoba, menebang kayu tanpa izin dan perbuatan melawan hukum lainnya, dipastikan akan ditindak tegas," ucapnya dalam kegiatan kunjungan kerja ke Markas Komando Distrik Militer/Sijunjung Sawahlunto Dharmasraya (Kodim 0310/SSD), Selasa (28/7/2020). 

Disamping merusak lingkungan dan tatanan sosial kemasyarakatan, lanjutnya, perbuatan itu juga dapat merugikan negara dan berseberangan dengan prinsip-prinsip bela negara yang menjadi tugas dan tanggungjawab prajurit TNI dimanapun berada. Menurutnya, prajurit dipersilakan membangun usaha sendiri untuk menambah penghasilan.

Tapi, harus tetap taat azas dan dalam koridor kemanunggalan bersama rakyat, seperti bertani, berkebun, berdagang yang tidak merusak tatanan lingkungan dan sosial serta tidak menimbulkan keresahan ditengah masyarakat. "Berusaha yang baik-baik sajalah, agar bisa menjadi teladan bagi masyarakat tanpa meninggalkan kewajiban sebagai prajurit profesional," imbaunya. 

Selain itu, lanjutnya, dalam menghadapi pilkada serentak 2020, diperintahkan kepada seluruh anggota TNI khususnya anggota Kodim 0310/SSD  dapat bersikap netral, menjaga kekompakan dan semangat persatuan dan kesatuan bersama institusi Polri dan pihak pemerintah daerah. 

"Laksanakan dan pedomani semua perintah dan aturan pimpinan agar kepercayaan masyarakat makin solid terhadap institusi TNI, jalankan seluruh instruksi sekaitan membantu tugas-tugas Polri dan pemerintah daerah agar dapat terciptanya keamanan selama pelaksanaan tahapan Pilkada secara lancar," tegasnya. 

Pantauan harianhaluan.com, dalam kunjungan kerja pertama Danrem032/Wirabraja,Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada bersama rombongan di markas Kodim 0310/SSD di Muaro Sijunjung disambut oleh Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Dwi Putranto, kemudian Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irawan.

Dalam kegiatannya, Brigadir Jenderal TNI Arief Gajah Mada juga melakukan pengecekan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) milik Kodim 0310/SSD bantuan dari pemerintah Kabupaten Sijunjung dan melihat secara dekat kondisi prajurit TNI Kodim 0310/SSD. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]