Bergaji Rp77 Juta, Wakil Ketua MPR RI Sentil Direktur Pelaksana Kartu Prakerja


Rabu, 29 Juli 2020 - 06:27:10 WIB
Bergaji Rp77 Juta, Wakil Ketua MPR RI Sentil Direktur Pelaksana Kartu Prakerja ilustrasi Kartu Prakerja

HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan mengkritik langkah pemerintah yang membentuk manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, salah satunya dengan memberikan gaji kepada Direktur Eksekutif sebesar Rp77,5 juta. Langkah pemerintah itu dinilai hanya menjadi beban negara. Apalagi, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi menghapus 18 lembaga negara yang dianggap hanya memberatkan keuangan negara.

Presiden Joko Widodo meneken Perpres Nomor 81 Tahun 2020 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Bagi Direktur Eksekutif dan Direktur Pada Manajemen Pelaksana Prakerja, pada 20 Juli lalu. Dalam Perpres itu, Direktur Eksekutif dan Direktur pada Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mendapatkan hak keuangan, fasilitas perjalanan dinas dan fasilitas jaminan sosial.

Dalam pasal 2 ayat 2, hak keuangan bagi Direktur Eksekutif mencapai Rp77,5 juta, Direktur Operasi sebesar Rp62 juta, Direktur Teknologi sebesar Rp58 juta, Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem sebesar Rp54,25 juta, Direktur Pemantauan dan Evaluasi sebesar Rp47 juta dan Direktur Hukum, Umum dan Keuangan sebesar Rp47 juta.

"Bantuan untuk masyarakat belum terealisas sepenuhnya, namun pemerintah malah sudah menggelontorkan dana besar untuk jajaran direksi program Kartu Prakerja. Pemerintah berpihak kepada siapa? Hak keuangan itu diambil sepenuhnya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sehingga akan semakin memberatkan keuangan negara,” tanya Syarief, Selasa (28/7/2020) kemarin.

Menurut Syarief Hasan, Program Kartu Pra Kerja hanyalah program bantuan sosial. Makanya, dianggap tidak perlu dibuatkan manajemen khusus yang berpotensi akan beririsan soal tupoksi dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Tenaga Kerja. “Pembentukan direksi baru untuk program sekelas bantuan sosial lainnya tidak sejalan dengan janji Pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi," tutupnya. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]