Pandemi Covid-19 Belum Reda, Program Magang Mahasiswa PNP Ditunda


Rabu, 29 Juli 2020 - 12:00:23 WIB
Pandemi Covid-19 Belum Reda, Program Magang Mahasiswa PNP Ditunda Wakil Direktur I PNP, Revalin. Dok PNP

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) memutuskan untuk mengundur program magang mahasiswa di industri lantaran pandemi virus Corona atau Covid-19 hingga kini belum juga reda. Kebijakan ini diterapkan hingga kondisi kembali memungkinkan.

Wakil Direktur I PNP, Revalin menuturkan, hingga kini program magang belum bisa dilaksanakan karena Politeknik memerlukan partner dengan industri. Sedangkan saat ini industri belum bisa menerima mahasiswa dari perguruan tinggi untuk praktek kuliah lapangan (PKL).

"Paling tidak sampai Januari, kita harus mensiasati program-program magang dengan memundurkannya setelah Januari, dan sebagian mata kuliah digeser ke awal seperti praktek," ujar Revalin.

Dengan demikian, kata Revalin, ketika nanti ada aturan baru dari Kemendikbud untuk memperbolehkan kembali program magang. Politeknik segera melaksanakannya. Karena sekarang ini pihaknya juga harus menghargai protokol kesehatan yang ada di industri.

"Dengan adanya penundaan program magang ini pasti ada dampaknya. Karena bagi mahasiswa yang tugas akhirnya itu harus memerlukan alat dan tidak bisa simulasi, teori. Ini mungkin agak kesulitan tetapi kita juga harus mencari upaya lain," imbuh Revalin.

Lebih lanjut, kata Revalin, Politeknik dari jauh-hauh hari telah mensosialisasi bahwa tugas akhir tidak hanya bisa mengandalkan peralatan dan sekedar membuat alat. Sebab, pihaknya harus mengubah pola perkuliahan dengan simulasi, dan sebagainya untuk mempermuda mahasiswa.

"Kita akan evaluasi ini. InsyaAllah kita akan rapat dengan ketua jurusan. Sementara wisuda masih tetap kita laksanakan 17 Oktober, pelaksanaannya juga mengikuti protokol Covid-19," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]