Dimulai 14 September, Mahasiswa Baru PNP Masih Terapkan Perkuliahan Daring


Rabu, 29 Juli 2020 - 12:06:19 WIB
Dimulai 14 September, Mahasiswa Baru PNP Masih Terapkan Perkuliahan Daring Dok Bandung Kita

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) tetap menerapkan pembelajaran daring kepada mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2020/2021. Hal ini dikarenakan situasi darurat Covid-19 yang masih meluas di Kota Padang, Provinsi Sumbar. Perkuliahan daring bagi maba tersebut akan dimulai pada 14 September 2020 nanti.

Wakil Direktur I PNP, Revalin untuk perkuliahan mahasiswa baru akan dimulai pada 14 September 2020, dilakukan secara daring. Kecuali praktek yang betul-betul tidak bisa dilaksanakan secara online. Karena di Politeknik perkuliahan sekitar 50-60 persen adalah praktek.

"Bagi beberapa prodi atau jurusan, seperti tata niaga, akuntansi, bahasa inggris, administrasi bisnis, dan teknologi informasi. Itu sudah bisa dilakukan praktek secara daring dan sudah bisa dilaksanakan pada semester genap," ujar Revalin kepada awak media baru-baru ini.

Untuk semester ganjil, kata Revalin, mahasiswa tingkat 3 dan 4 akan memulai perkuliahan pada 7 September 2020. Sedangkan khusus mahasiswa baru 14 September 2020. Dari awal masuk kuliah mereka diperkenalkan dengan sistem perkuliahan daring dengan memakai flatporm dari kampus (spada).

"Kita akan tetap melaksanakan kuliah secara daring. Bahkan sekarang sampai ujian tengah semester, ujian akhir, sidang skripsi, sidang PKL, seminar-seminar tugas akhir. Itu dilaksanakan secara daring," imbuh Revalin.

Revalin menambahkan, langkah tersebut diambil untuk menghindari banyaknya pergerakan mahasiswa dari daerah ke kota Padang. Apalagi saat ini kota Padang masih belum terlalu aman karena masih berada di zona kuning ataupun orange.

"Kemudian mempertimbangkan karena banyaknya mahasiswa yang tidak memperpanjang tempat kosnya. Sehingga kalau mereka harus ke Padang akan susah lagi mencari tempat penginapan," ulas Revalin.

Maka dari itu, sambung Revalin, Politeknik Negeri Padang memutuskan segala bentuk kegiatan yang bisa dilakukan secara daring harus tetap dijalankan secara online. Sementara yang tidak bisa daring, maka diambil opsi dengan melaksanakan praktek berupa keterampilan tangan.

"Ini apa boleh buat, teknik mesin, sipil, elektro, banyak menggunakan mesin yang hanya ada di kampus. Tapi kita tidak punya pilihan. Ini juga merujuk ke aturan Kemendikbud. Kita disuruh pada awal semester sistem daring, bagi kegiatan praktek yang harus mengambil data boleh ke kampus," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]