69 Persen Masyarakat Indonesia Alami Masalah Psikologi, Psikiater: Perhatikan Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19


Rabu, 29 Juli 2020 - 12:57:38 WIB
69 Persen Masyarakat Indonesia Alami Masalah Psikologi, Psikiater: Perhatikan Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJ) DKI Jakarta, Nova Riyanti Yusuf memberikan saran dan masukan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan mentalnya saat pandemi Covid-19.

Pasalnya, 69% masyarakat Indonesia mengalami masalah psikologi. Sebagian di antaranya akibat pandemi Covid-19 berdasarkan hasil swaperiksa terhadap 2.364 responden dari 34 provinsi.

Dia mencontohkan, di awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yakni, memberikan penguatan kepada masyarakat yang menghadapi perubahan mendadak dalam kehidupan mereka, karena mereka tidak bisa bekerja dan melakukan kegiatan seperti biasanya.

“Kita perlu mencari kegiatan yang bisa membantu menenangkan diri atau mengembangkan skill. Kalau misalnya di-PHK melakukan bisnis yang sesuai dengan talentanya dia,” kata perempuan yang akrab disapa Noriyu kepada SINDO Media, Rabu (29/7/2020).

Kemudian, sambung Noriyu, mendekatkan diri secara spiritual kepada Tuhan, melakukan meditasi atau yoga, memperbanyak komunikasi dengan orang lain lewat media sosial (medsos) atau layanan pesan.

Memberikan perhatian kepada mereka yang masuk kategori ODP atau PDP juga penting, menanyakan kabar adalah hal sederhana yang penting bagi orang lain dan di saat bersamaan memberikan penguatan mental bagi mereka.

“Semakin ke sini yang terbangun adalah emotional resilience atau kemampuan untuk melampaui kondisi-kondisi yang tidak beruntung, bencana, masalah yang dihadapi, masalah keluarga, pekerjaan, masalah dengan sekolah dan lain sebagainya,” terang Noriyu. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]