Sebentar Lagi, NASA Luncurkan Misi ke Mars dengan Roket Atlas V


Rabu, 29 Juli 2020 - 13:10:32 WIB
Sebentar Lagi, NASA Luncurkan Misi ke Mars dengan Roket Atlas V NASA's Mars Exploration Program.

HARIANHALUAN.COM - Sebentar lagi, NASA akan meluncurkan misi ke Mars tahun 2020 dengan roket Atlas V yang membawa Rover (robot penjelajah) Perseverance. Peluncuran ini dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (30/7) pukul 07.50 waktu setempat. Roket ini nantinya akan meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat. 

Rover Perseverance telah menyelesaikan tinjauan kesiapan, uji terakhir sebelum misi terbang dilancarkan. "Tinjauan kesiapan sudah lengkap dan kita sudah siap melakukan peluncuran," tutur Jim Bridenstine, Administrator NASA dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Rabu (29/7/2020).

NASA sempat menunda peluncuran Rover Perseverance ke Mars sampai 15 Agustus 2020 karena adanya masalah pada garis sensor oksigen cair yang menyajikan data nominal. Namun, jika ada hal lain yang menghambat dan membuatnya tidak bisa diluncurkan kali ini, Perseverance harus kembali dikandangkan dan ditunda peluncurannya hingga 2022 saat posisi bumi, Mars, dan matahari sejajar. 

Dalam konferensi pers itu juga, Bridenstine menjelaskan bahwa butuh waktu tujuh bulan untuk menuju Mars dan diharapkan sampai ke Kawah Jazero pada 18 Februari 2021. 

Rover Perseverance akan menjelajahi Kawah Jazero yang memiliki lebar 45 kilometer untuk mencari kehidupan di Mars. Hal ini termasuk mempelajari geologi kawah, mengumpulkan sampel, memetakan iklim, mencari tanda-tanda kehidupan mikroba di masa lalu, dan beberapa tugas lainnya. 

Sampel-sampel ini menurut Bridenstine, akan dibawa ke bumi pada awal 2031 dan akan diteliti oleh ilmuwan untuk mencari tanda-tanda kehidupan dari planet misterius itu. 

Bridenstine mengatakan, misi ini akan menjadi misi pengembalian pertama kalinya dari semua planet. 

Peluncuran Rover Perseverance ini akan menjadi misi ketiga yang terbang ke Mars dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya Uni Emirat Arab meluncurkan orbiter Hope pada 19 Juli lalu dan Cina menyusul dengan mmisi Tianwen-1 pada 23 Juli. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]