Agam Terapkan Pelaksanaan Qurban dan Salat Ied Tanpa Sampah, Panitia Qurban tak Sediakan Kantong Plastik


Rabu, 29 Juli 2020 - 14:08:07 WIB
Agam Terapkan Pelaksanaan Qurban dan Salat Ied Tanpa Sampah, Panitia Qurban tak Sediakan Kantong Plastik Ilustrasi Sholat Hari Raya Idul Adha di Agam

HARIANHALUANCOM - Pemerintah Kabupaten Agam mengajak masyarakat di daerah tersebut merayakan Idul Adha 1441 Hijriah tanpa sampah. Ajakan itu tertuang pada surat edaran Bupati Agam, Nomor : 660/519/PSLB3-DLH/2020, tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tanpa sampah.

“Hal ini merujuk kepada surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nomor : SE.8/PSLB3/PS/PLB.0/7/2020, tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah,” kata Khasman Zaini, Kabag Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam.

Dalam upaya mendukung kegiatan tersebut, panitia kurban diminta untuk tidak menggunakan kantong plastik. “Kita juga mengimbau masyarakat agar membawa tempat sendiri atau wadah lain yang dapat dipakai ulang,” ujarnya Rabu (29/7/2020).

Pada lokasi penyembelihan dan tempat pembagian daging qurban panitia diminta untuk menyediakan tempat sampah. “Di akhir kegiatan, panitia harus memungut sampah untuk memastikan Agam tanpa sampah,” terangnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Agam  menganjurkan pembagian daging qurban langsung diantarkan ke rumah-rumah oleh panitia pelaksana qurban. Kepala Dinas Pertanian Arif Restu, mengatakan, anjuran tersebut untuk menghindari kerumunan masyarakat saat penjemputan daging qurban di tempat penyembelihan.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Agam. “Biasanya saat penyembelihan, masyarakat tumpah ruah untuk menyaksikan pemotongan. Menghindari hal itu, kita imbau masyarakat tidak menyaksikan dulu termasuk saat menjemput daging,” ujarnya.

Ia meminta, dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban, cukup disaksikan oleh pihak keluarga yang berqurban dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Sementara itu, apabila memotong sendiri diusahakan di tempat tertutup hingga tak menjadi tontonan dan kerumunan orang banyak, dengan tidak menimbulkan kerumunan tersebut diharapkan pada pelaksanaan pemotongan hewan kurban tanpa adanya kekhawatiran kemungkinan penyebaran covid-19.

“Kalau bisa, antara petugas memotong dengan petugas yang mengantarkan berbeda. Mereka juga diharuskan pakai masker,” tegasnya. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]