Butuh Duit? Coba 5 Pekerjaan Sampingan Ini, Cocok untuk Mahasiswa


Rabu, 29 Juli 2020 - 15:04:06 WIB
Butuh Duit? Coba 5 Pekerjaan Sampingan Ini, Cocok untuk Mahasiswa Dok kontan.co.id

HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 telah melemahkan perekonomian masyarakat. Begitu juga mahasiswa, mereka harus tetap bertahan hidup di tempat kontrakan meski di tengah keterbatasan. Kendati demikian, kini banyak tawaran pekerjaan part-time yang bisa menjadi pilihan. Apa saja?.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (29/7/2020), pekerjaan sambilan tentu tidak boleh mengganggu perkuliahan. Jadi, ada beberapa faktor yang membuat mahasiswa harus cermat dalam mencari pekerjaan part-time.

Berikut 5 pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang bisa jadi pilihan:

Manfaatkan kemampuan berbahasa asing dengan menjadi penerjemah

Penerjemah adalah salah satu pilihan pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang cukup populer. Keterbatasan SDM yang menguasai bahasa asing, menjadikan profesi ini cukup menjanjikan. Terlebih, jika Anda mahasiswa dengan kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

Sudah banyak mahasiswa yang fasih setidaknya satu bahasa asing. Umumnya, bahasa Inggris yang sering mahasiswa kuasai. Bahasa lain, seperti Mandarin, Jepang, dan Korea, juga semakin banyak penuturnya.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan dokumen, seperti akta kelahiran dan tesis. Atau, bisa mendaftar ke penerbit sebagai penerjemah komik atau novel.

Jika Anda lebih suka berinteraksi dengan banyak orang, guide atau interpreter bisa jadi pilihan. Menjadi guide atau interpreter membutuhkan skill speaking yang baik dan juga harus ramah. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tip lebih dari penyewa jasa Anda.

Berbagi ilmu dengan menjadi tentor

Menjadi tentor atau guru les sering menjadi pilihan pekerjaan part-time untuk mahasiswa. Selain upah yang lumayan, mereka juga bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat. 

Untuk menjadi tentor, Anda bisa ikut dengan bimbingan belajar (bimbel) atau mencari murid sendiri. Keuntungan jika ikut bimbel, Anda tidak perlu repot mencari murid. Jadwal dan jaminan "gajian" juga terjaga.

Tapi perlu diingat, uang hasil Anda mengajar juga harus dibagi dengan pemilik bimbel. Anda juga harus menunggu giliran mendapat murid. Biasanya bimbel memiliki tentor yang banyak, jadi murid yang mendaftar dibagi-bagi ke tentor yang ada.

Jika mencari murid sendiri Anda bisa mendapat uang secara utuh. Tapi, Anda harus ekstra dalam mencari murid. Kadang orangtua murid juga sering telat memberi uang. Jadi Anda harus lebih tegas dan "tega" meminta uang les.

Reseller, solusi jualan tanpa modal besar

Pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang sedang in adalah reseller. Banyak mahasiswa yang membuka akun di sosial media. Mereka kemudian menjual berbagai macam barang dengan harga yang bervariasi.

Bagi mahasiswa yang cukup modal, mereka bisa membeli beberapa stok barang lalu dijual kembali. Jika belum memiliki cukup modal, Anda cukup menjadi reseller.

Sekarang banyak produsen barang yang menawarkan kerjasama. Mereka akan memberikan harga nett, dan Anda bebas menjualnya dengan harga yang diinginkan. Setelah itu, Anda cukup mempromosikan produk tersebut.

Tidak perlu membeli produk terlebih dahulu baru dijual kembali. Anda cukup membayar produk saat ada pesanan saja. 

Kembangkan bakat memasak atau membuat sesuatu dan jual hasilnya

Hobi bisa juga menghasilkan, asal Anda niat dan tekun menggelutinya. Semisal, Anda gemar memasak makanan, jual hasil masakan Anda. Selain bisa menyalurkan kegemaran, Anda bisa mendapatkan tambahan uang.

Buat akun sosial media dan posting produk Anda. Pilih foto yang paling bagus dan tambah caption yang eye-catching. Jika punya uang lebih, Anda bisa membayar influencer atau memasang Ads.

Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki bakat melukis atau kerajinan tangan. Ada banyak akun yang menjual hasil kerajinan tangan atau lukisan. Pasang hasil karya Anda, dan pelanggan akan membelinya.

Salurkan bakat menulis dengan bekerja sebagai writer

Sering menulis puisi, cerpen atau fanfiction? Jangan sampai karya Anda hanya mengendap di laptop. Salurkan bakat menulis Anda dengan menjadi penulis.

Pekerjaan part-time untuk mahasiswa ini memang jarang dilirik. Tidak semua mahasiswa gemar menulis, jadi masih banyak kesempatan untuk menambah penghasilan di bidang ini.

Anda bisa mencari lowongan pekerjaan part-time sebagai penulis artikel dan copywriter. Biasanya pengguna jasa writer akan memberikan target tulisan yang harus diselesaikan. Waktu dan panjang artikel juga ditentukan oleh pengguna jasa. 

Anda juga bisa mengikuti lomba membuat puisi atau cerpen. Ada banyak lomba jenis ini dengan hadiah yang lumayan. Memang perlu proses yang cukup lama, tetapi bisa menjadi ajang mengasah bakat Anda.

Karya tulisan Anda sudah cukup banyak? Coba kirim hasil tulisan Anda ke penerbit. Jika layak, penerbit dengan senang hati akan membantu menerbitkan karya Anda.

Pilih mana yang paling pas, dan coba tekuni agar uang saku bisa bertambah. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]